Home » Teknologi » Cara Cek Bansos Kemensos Online Lewat HP, Simak Langkahnya!

Cara Cek Bansos Kemensos Online Lewat HP, Simak Langkahnya!

Informasi mengenai bantuan sosial dari kemensos memang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apakah mereka menerima bantuan atau tidak. Untuk itu, kami akan memberikan informasi mengenai cara cek bansos kemensos secara online.

Dengan mengetahui cara cek bansos dari Kementerian Sosial RI ini, Anda bisa langsung mengetahui kalau menerima bantuan atau tidak, dan jenis bantuan apa yang diterima.

Melalui aplikasi cek bansos, Anda bisa mengetahui berbagai penerima jenis bantuan seperti BPNT, BST, PKH, dan BLT BBM. Semuanya bisa Anda cek melalui HP yang memiliki koneksi internet.

Apa itu Bansos Kemensos?

Bansos merupakan singkatan dari Bantuan Sosial, yaitu program bantuan sosial yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) untuk masyarakat yang membutuhkan.

Berdasarkan Permensos No 1 Tahun 2019, bansos atau bantuan sosial adalah bantuan berupa uang, barang, atau jasa kepada seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat miskin, tidak mampu, dan rentan terhadap risiko sosial.

Seperti yang diketahui bahwa beberapa tahun lalu pandemi covid 19 sangat berdampak bagi perekonomian masyarakat. Mengingat pada saat itu banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat di PHK atau bisnis yang dijalankan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Pasca pandemi pun masih banyak masyarakat yang merasakan kesusahan dalam hal ekonomi. Untuk itu, bantuan sosial dari pemerintah yang disalurkan oleh Kementerian Sosial RI sangat membantu bagi masyarakat yang belum survive pasca pandemi COVID-19.

Program Bansos Kemensos ini merupakan upaya pemerintah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dalam menghadapi kondisi ekonomi yang sulit akibat pandemi COVID-19.

Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan meringankan beban ekonomi masyarakat, serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Jenis Bantuan Sosial Kemensos

Ada berbagai jenis bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah atau lembaga sosial untuk membantu kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan sosial yang disediakan oleh Kemensos RI terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah:

1. Bantuan Sosial Tunai (BST)

BST merupakan program bantuan sosial yang memberikan bantuan sosial tunai sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan bagi keluarga penerima manfaat yang telah ditentukan.

Program ini ditujukan untuk masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 dan memenuhi kriteria tertentu.

2. Bantuan Sosial Non-Tunai (BSNT)

BSNT merupakan program bantuan sosial yang memberikan bantuan berupa barang atau jasa, seperti sembako, bantuan beras, dan layanan kesehatan gratis.

Program ini ditujukan untuk masyarakat yang membutuhkan dan terdaftar sebagai penerima manfaat.

3. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

BPNT merupakan program bantuan sosial yang memberikan bantuan berupa kartu elektronik yang dapat digunakan untuk membeli bahan makanan di toko-toko pangan yang bekerja sama dengan Kemensos RI.

Program ini ditujukan untuk masyarakat yang berada di wilayah terpencil atau daerah yang sulit dijangkau.

4. Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH merupakan program bantuan sosial yang memberikan bantuan tunai bagi keluarga penerima manfaat yang memenuhi kriteria tertentu, seperti keluarga miskin dan rentan.

Program ini ditujukan untuk membantu keluarga penerima manfaat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya.

Syarat dan Ketentuan Penerima Bansos Kemensos

Berikut adalah beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh seseorang agar bisa menjadi penerima Bantuan Sosial:

  1. Warga negara Indonesia (WNI) dan berusia di atas 18 tahun.
  2. Bukan merupakan aparatur Negara seperti ASN, TNI, dan POLRI.
  3. Memiliki kriteria masalah sosial seperti kemiskinan, keterlantaran, kedisabilitasan.
  4. Berada di wilayah yang ditentukan oleh Kemensos sebagai daerah sasaran.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kriteria penerima bantuan sosial, Anda dapat melihatnya pada Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyaluran Belanja Bantuan Sosial di Lingkungan Kementerian Sosial.

Cara Cek Penerima Bansos Kemensos Lewat HP

Demi memudahkan akses pendaftaran dan pengecekan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST), Kemensos RI menyediakan layanan online yang bisa diakses melalui perangkat HP maupun perangkat lain seperti komputer PC, laptop, atau tablet.

Untuk informasi cara mendaftar bansos kemensos dapat Anda temukan melalui situs yang membahas tentang itu. Ada banyak situs yang membahas tentang cara pendaftaran bansos kemensos di internet,  salah satunya balitteknologikaret.co.id.

Sedangkan untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima bantuan sosial, kami akan jelaskan langkah-langkahnya melalui artikel ini.

Berikut adalah cara cek Bansos Kemensos Online lewat HP:

1. Pastikan HP Terhubung dengan Internet

Sebelum memulai proses pengecekan, pastikan HP Anda terhubung dengan jaringan internet, baik melalui Wi-Fi maupun data seluler.

2. Buka Browser

Langkah selanjutnya adalah membuka browser pada HP Anda. Ada banyak browser yang dapat Anda gunakan, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Opera.

3. Masuk ke Situs Cek Bansos Kemensos RI

Setelah membuka browser, ketikkan alamat situs Kemensos RI pada kolom pencarian. Alamat situs ini adalah https://cekbansos.kemensos.go.id/. Tekan tombol Enter pada keyboard HP Anda.

4. Isi Data Penerima Manfaat

Setelah masuk ke situs cek bansos Kemensos RI, Anda akan diminta untuk memasukkan wilayah penerima manfaat seperti Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, dan Desa.

pencarian data penerima manfaat bansos

Anda juga diminta untuk memasukkan nama penerima manfaat yang akan dicek datanya. Pastikan nama yang Anda masukkan sesuai dengan data yang terdaftar.

5. Klik Tombol Cari

Setelah melengkapi semua data wilayah dan nama penerima manfaat, selanjutnya klik tombol “Cari Data” untuk memulai proses pengecekan. Kemudian Anda akan langsung diberikan informasi apakah nama penerima BST tersebut terdaftar atau tidak.

6. Verifikasi Informasi Penerima Manfaat

informasi hasil pencarian penerima manfaat

Karena yang dimasukkan hanya data wilayah dan nama penerima manfaat, maka sangat mungkin data yang ditampilkan lebih dari satu jika ada nama yang sama dalam wilayah tersebut.

Jika informasi penerima sudah muncul, pastikan nama, alamat, dan informasi lainnya sesuai dengan data yang terdaftar. Jika terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian data, segera hubungi pihak yang berwenang.

Cek Penerima Bansos Melalui Aplikasi Cek Bansos

Untuk memudahkan masyarakat melakukan pengecekan penerima bansos, Kementerian Sosial RI juga menyediakan aplikasi cek bansos.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk melihat kepesertaan bantuan sosial (BPNT, BST, dan PKH). Pengguna dapat melihat daftar penerima bansos di sekitar wilayah administrasinya dan dapat mengajukan keberatan kepada penerima manfaat yang dianggap tidak layak.

Selain itu, pengguna juga dapat mengajukan diri atau tetangganya yang dianggap layak untuk masuk DTKS dan/atau menerima bantuan sosial.

Berikut cara cek bansos kemensos lewat aplikasi cek bansos:

1. Buka Aplikasi Cek Bansos

Langkah pertama, buka aplikasi cek bansos yang ada di smartphone Anda, jika Anda belum menginstallnya, silahkan Anda install terlebih dahulu melalui Play Store.

2. Login Menggunakan Akun Anda

login aplikasi cek bansos

Setelah aplikasi cek bansos berhasil Anda buka, langkah selanjutnya login menggunakan username dan password Anda. Jika belum memiliki akun, silahkan buat akun terlebih dahulu dengan klik “Buat Akun Baru”.

3. Pilih Menu Cek Bansos

input data penerima bansos

Jika Anda sudah berhasil login ke aplikasi cek bansos, selanjutnya masukkan data yang diperlukan seperti Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan, dan nama sesuai KTP.

Setelah mengisi semua data dengan benar dan dianggap sudah sesuai, klik tombol “Cari Data”.

4. Verifikasi Data Penerima Bansos

verifikasi data penerima bansos

Pada hasil pencarian, Anda akan melihat informasi terkait penerima bansos sesuai nama yang Anda input. Lakukan verifikasi terhadap data yang muncul pada hasil pencarian, apakah data tersebut sudah sesuai atau tidak.

Itulah cara cek Bansos Kemensos Online lewat HP yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan informasi yang benar dan akurat, serta melakukan verifikasi informasi penerima agar program bantuan sosial ini dapat tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.