Home » Aplikasi,Teknologi » Perbedaan GoPay dan DANA Sebagai Dompet Digital Terbaik

Perbedaan GoPay dan DANA Sebagai Dompet Digital Terbaik

Dompet digital saat ini sangat banyak digunakan orang untuk menyimpan uang dan bertransaksi online seperti melakukan pembelian pulsa, pembayaran listrik, dll. Adapun dompet digital yang populer saat ini yaitu Dana dan Gopay. Lalu, apa perbedaan gopay dan dana, serta dompet elektronik digital mana yang terbaik.

Untuk mengetahui perbedaan dan kelebihan dari kedua dompet digital tersebut, kami akan memberikan ulasannya untuk Anda. Jadi, simak artikel ini hingga selesai.

Dompet digital adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menyimpan uang seperti halnya ATM. Tetapi, dompet digital memiliki batasan dalam menyimpan saldo.

Artinya, saldo yang bisa Anda simpan terbatas, tidak seperti Anda menyimpan saldo melalui Bank.

Dari segi kegunaan, dompet digital dengan aplikasi perbankan memiliki kesamaan. Namun, kelebihan dompet digital memiliki sistem yang lebih mudah dan tidak ribet.

Untuk menggunakannya, Anda cukup mengunduh aplikasinya kemudian melakukan pendaftaran dan memverifikasi akun Anda menggunakan kartu identitas.

Beberapa aplikasi dompet digital yang ada saat ini seperti GoPay, DANA, OVO, LinkAja, dan lain-lain. Tetapi pada kesempatan ini kami akan membahas perbedaan GoPay dan DANA.

Apa itu Aplikasi DANA?

DANA adalah platform dompet digital yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran online. Aplikasi DANA dikembangkan oleh perusahaan startup berbadan hukum Indonesia yang berpusat di Jakarta.

Dalam pengoperasiannya, aplikasi Dana memiliki empat lisensi antara lain sebagai uang elektronik, dompet digital, kirim uang, dan Likuiditas Keuangan Digital.

Berdiri sejak tahun 2018, hingga sekarang Dana terus berkembang dengan menghadirkan berbagai fitur dan layanan yang dapat memudahkan penggunanya. Aplikasi Dana telah diunduh sebanyak 50 juta lebih di Play Store.

Kelebihan Aplikasi DANA

Adapun kelebihan aplikasi Dana sebagai dompet digital, antara lain:

1. Fitur yang Lengkap

Aplikasi Dana memiliki fitur yang sangat lengkap untuk berbagai kebutuhan seperti pembayaran tagihan listrik, Internet, pembelian pulsa, iuran BPJS, PDAM, dan pembayaran lainnya.

2. Minimal Top Up Terjangkau

Top Up pada aplikasi Dana sangatlah terjangkau, Anda bisa melakukan Top Up minimal Rp. 10.000 sehingga Anda tidak perlu menyiapkan banyak uang untuk menggunakannya.

3. Dana Aman dan Terpercaya

Berikutnya, kelebihan yang dimiliki Dana yaitu aman dan terpercaya karena telah mendapatkan lisensi uang elektronik, transfer dana, dan layanan keuangan digital dari Bank Indonesia.

4. Akun Premium

Akun premium memungkinkan pengguna melakukan top up hingga Rp 10 juta, mengirim saldo, tarik tunai, pinjaman PayLater, dan mendapatkan promo spesial dan manfaat lainnya.

Untuk menggunakan akun premium, pengguna cukup melakukan verifikasi akun pada halaman profil. Anda cukup menyiapkan KTP dan melakukan verifikasi wajah, setelah itu Anda tinggal menunggu hingga proses verifikasi disetujui oleh DANA.

5. User Friendly

Aplikasi dana memiliki tampilan interface yang menarik dan UX yang baik, sehingga sangat memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas didalamnya seperti melakukan pembayaran, top up, dan lain-lain.

Apa itu Aplikasi GoPay?

Melansir dari laman resmi Gojek, GoPay adalah uang elektronik yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dan keuangan melalui aplikasi Gojek.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan pembayaran pada layanan aplikasi Gojek, toko atau restoran yang berafiliasi dengan GoPay, PayLater, dan transaksi keuangan lainnya seperti transfer saldo sesama pengguna DANA, serta transfer saldo ke Bank lain atau dompet digital lainnya.

Kelebihan Aplikasi GoPay

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi GoPay sebagai dompet elektronik digital.

1. Keamanan Terjamin

Menggunakan GoPay untuk melakukan pembayaran online sangat aman dan terpercaya karena aplikasi ini telah berbadan hukum. GoPay adalah milik aplikasi Gojek yang sekarang menjadi bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia.

2. Memiliki Fitur History Pengeluaran

Segala transaksi yang Anda lakukan melalui aplikasi GoPay terekam melalui Fitur History. Jadi, fitur ini sangat membantu mengevaluasi pengeluaran agar tidak menggunakan GoPay secara berlebihan.

3. Memiliki Banyak Promo Menarik

Salah kelebihan yang paling menarik dari GoPay yaitu memiliki banyak promo mulai dari cashback, voucher, hingga penambahan poin keanggotaan pengguna.

4. Pinjaman GoPay Paylater

Paylater adalah teknologi pembayaran yang memungkinkan pengguna bertransaksi saat tidak punya uang. Dengan sistem Paylater, pengguna bisa melakukan pembelian dan melakukan pembayaran saat tagihan jatuh tempo.

Bagi Anda yang suka menggunakan PayLater, GoPay menyediakan fitur ini dengan catatan Anda harus mengupgrade akun GoPay Anda menjadi GoPay Plus.

5. Layanan Transaksi Beragam

GoPay berafiliasi dengan ekosistem Tokopedia, Gojek, dan lainnya. Sehingga Anda bisa melakukan pembayaran ke berbagai layanan seperti Tokopedia dan HaloDoc.

Bahkan Anda bisa menggunakan akun GoPay untuk berinvestasi kripto, emas, dan saham secara online melalui aplikasi Pluang yang invstornya dari Gojek.

Nah, kedua dompet digital tersebut sebenarnya memiliki kesamaan fungsi hanya berbeda dari segi fitur dan layanan yang ditawarkan.

Meskipun begitu, Anda juga bisa melakukan transfer GoPay ke DANA atau sebaliknya. Ingin tahu bagaiamana cara transfer GoPay ke DANA, berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

Cara Transfer Salo GoPay ke DANA

Cara transfer GoPay ke DANA merujuk dari situs tedieka.com dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka browser Google Chrome
  2. Akses website https://hotelmurah.com
  3. Lakukan scroll ke bagian bawah untuk menemukan pilihan Dana.
  4. Pilih Top Up Dana.
  5. Masukan nomor handphone pada kolom uyang tersedia.
  6. Pilih jumlah saldo yang ingin kamu kirim.
  7. Klik tombol “Lanjutkan”.  
  8. Pilih meto pembayaran “GoPay”.
  9. Klik Tombol Lanjutkan Pembayaran.
  10. Buka aplikasi GoPay melalui HP Anda.
  11. Setelah membuka aplikasi GoPay, klik tombol “Bayar Sekarang”.
  12. Pada halaman selanjutnya, klik hotelmurah.com yang berada dibawah rincian penerima.
  13. Berikutnya, lakukan konfirmasi pembayaran dengan klik tombol “Konfirmasi & Bayar”.
  14. Setelah transfer Dana berhasil dilakukan, selanjutnya cek saldo DANA apakah sudah masuk atau belum.
  15. Jika sudah masuk, Anda akan melihat laporan Top Up dengan jumlah dana yang sudah Anda kirim.
  16. Selesai.

Itulah perbedaan aplikasi dompet digital GoPay dan Dana, serta cara transfer saldo GoPay ke DANA yang perlu Anda ketahui. Selanjutnya, tentukan pilihan Anda untuk menggunakan salah satu dari aplikasi dompet digital tersebut.