Home » Internet » 11 Website Belajar Coding Gratis Untuk Pemula

11 Website Belajar Coding Gratis Untuk Pemula

Daftar Isi

Coding adalah tentang menerjemahkan logika ke bahasa pemrograman komputer.

Sementara itu, coder adalah sebutan untuk seorang yang melakukan coding, juga biasa di sebut dengan programmer.

Belajar coding adalah ilmu yang bermanfaat buat kamu ke depannya dan bisa membuka peluang merintis karir baru.

Namun terlepas dari hal itu, kamu bisa belajar coding tanpa harus mengeluarkan budget alias gratis lho, belajar coding bagi pemula bisa dari mana saja termasuk di website.

Nah di website inilah kamu dapat belajar coding tanpa di pungut biaya, berikut website gratis yang bisa Anda gunakan buat belajar coding.

Website Belajar Coding Gratis

1. Code Academy

Code Academy merupakan website belajar coding online yang bisa kamu gunakan. Tentu saja sangat cocok buat kamu yang masih pemula, bahkan sampai di tingkatan yang lebih expert sekalipun.

Di website ini tidak hanya menyediakan bahan pembelajaran, namun disini juga kamu akan di suguhkan dengan kuis yang bisa kamu coba, untuk mengukur tingkatan-tingkatan kemampuan kamu dalam memahami materi yang sedang kamu pelajari.

Untuk bahasa yang di gunakan pun beragam seperti HTML, CSS, Phyton, JavaScript, Java, SQL, Bash, Shell, Ruby, C++, R, PHP, Go, Swift dan masih banyak lagi.

CodeAcadmy lebih lengkap dalam pembahasan materinya, sehingga tidak heran yang mendaftar di platform ini sebanyak 24 juta orang.

2. W3schools

Website ini menyediakan compiler online yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang di tulis dalam bahasa pemrograman tertentu.

W3school juga di bekali dengan tutorial coding, resource, contoh dan latihan untuk membantu Anda memahami coding.

Di W3school kamu bisa belajar sekaligus mempraktekan materi yang sudah di pelajari.

Fitur yang di sediakan oleh website ini sangat bermanfaat sekali untuk Anda yang ingin belajar materi secara langsung.

Artinya kamu bisa menguji diri sendiri dengan latihan contoh singkat dan review.

Adapun bahasa pemrograman yang di suguhkan oleh W3school adalah HTML, CSS, JavaScript, SQL, PHP, jQuery, Java dan Phyton.

3. CodeWars

CodeWars sangat cocok buat kamu yang suka dengan tantangan dalam belajar bahasa pemrograman.

Tujuan tantangan ini adalah untuk mempertajam skill bahasa pemrograman yang sudah di miliki dan memotivasi para pemula yang baru belajar programming.

Website ini menawarkan seni latihan yang digunakan untuk belajar pemrograman dengan metode latihan dan perulangan.

Anda bisa melakukan request untuk free trial selama beberapa hari.

Beberapa bahasa pemrograman yang dapat di pelajari di CodeWars adalalh Java, JavaScript, C#, Ruby, Python, SQL.

4. Fre Code Camp

Fre Code Camp ini gratis dan menawarkan komunitas seputar belajar bahasa pemrograman, tidak memiliki paket berbayar seperti yang lainnya.

Kamu akan di suguhkan lebih dari 5000 tutorial secara online yang bisa kamu pelajari secara gratis.

Fre Code Camp termasuk website belajar coding yang saat ini masih berkembang.

Website ini menyediakan pembelajaran yang sudah di pisahkan antara Front End, Visualisasi Data, BackEnd, dan beberapa bagian lainnya.

Ada juga panduan coding interview preparation yang bisa Anda gunakan untuk persiapan sebelum melakukan wawancara coding.

Dalam website ini kamu akan mendapatkan berbagai tantangan atau challenge.

Fre Code Camp menyediakan beberapa bahasa pemrograman yang bisa di pelajari di situs belajar coding ini yaitu HTML5, CSS3, Javascript, Node.js, React.js, D3.js, Databases, Git and Github.

5. Hack.Pladge

Hack.Pladge terbilang sebagai markas dari komunitas para developer yang tentu saja komunitas tersebut sudah berpengalaman.

Di mana tujuan di bangunnya situs ini adalah sebagai kumpulan penyedia informasi yang berkaitan dengan pemrograman.

Jika kamu menggunakan platform ini, Anda akan merasa tertantang.

Sebab, selama satu jam Anda bisa menjadi mentor sekaligus mencoba mendiskusikan masalah Anda dengan penggunaan lain dengan berkomunikasi langsung. Keren bukan?.

Langkah awal jika kamu tertarik untuk bergabung di komunitas Hack.Pladge, hal yang harus di lakukan adalah kamu harus mendaftar kan diri sebagai anggotanya.

Selain kamu dapat belajar online, manfaat lain yang kamu peroleh dari platform ini adalah terhubungnya Anda ke mentor-mentor hebat yang sudah pasti tidak perlu di ragukan.

6. Bento.io

Bento.io merupakan salah satu situs yang paling berjasa menolong para programmer pemula. Pasalnya berkat situs ini para programmer pemula bisa belajar secara leluasa mengenai pengetahuan coding.

Layout nya yang modern membuat lebih mudah dengan feed yang berisi seluruh topik dan task yang Anda minati. Dasboard dari Bento.io juga menampilkan rencana pembelajaran anda lebih terstuktur.

Bukan hanya menyediakan materinya sendiri, tetapi situs ini juga memiliki akses link ke situs lain yang tentu saja sangat di butuhkan ketika Anda ingin menambah referensi lain.

Bahasa pemrograman yang di sediakan oleh Bento.id adalah : HTML, CSS, JavaScript, Git, Python, SQL, Shell, Flask, Heroku.

7. Coursera

Coursera merupakan website yang didirikan sejak tahun 2012 oleh dua orang profesor Stanford Computer Scient yang ingin membagikan ilmu dan kemampuannya untuk dunia.

Saat ini website tersebut menyediakan banyak sekali tutorial mulai dari bisnis, seni, matematika, tidak terkecuali ilmu komputer yang berhubungan dengan pemrograman.

8. HackerRank

Jika kamu merasa diri sudah sedikit menguasai pemrograman atau pengkodingan, tidak ada salahnya Anda bisa menguji kemampuan Anda di website ini dengan menyelesaikan baberapa permasalahan yang di berikan.

Banyak programmer menggunakan HackerRank untuk mengasah kemampuan mereka, guna menguji sejauh mana kecakapan mereka terhadap pemrograman itu sendiri.

9. The Odin Project

Di website ini kamu bisa belajar mengenai HTML, CSS, JavaScript, Git, Databases, Ruby, dan Rubiy On Rails secara gratis.

Situs sakti ini bisa di bilang menyediakan yang Anda butuhkan untuk mempelajari pengembangan pemrograman web.

Ketika Anda ingin belajar pemrograman atau coding akan terasa cukup sulit, sebab tugas Anda adalah menggabungkan semua yang Anda pelajari.

Untuk itu situs ini menawarkan proses logis yang telah dirangkum dari berbagai sumber kursus terbaik yang ada di web.

Berikut bahasa pemrograman yang bisa di pelajari melalui situs ini: HTML, CSS, Git, JavaScript, Ruby, Ruby on Rails, Database.

10. CodeFights

Sepertinya pengembangan website ini ingin membuat belajar coding berasa seperti bermain online games.

Anda bisa bersaing menyelesaikan sebuah permasalahan dengan yang lain.

Ada juga tantangan yang dimunculkan setiap minggunya yang coba di selesaikan oleh pengguna lainnya.

11. edX

EdX merupakan sebuah situs pembelajaran open-source. Sehingga tidak heran situs ini telah di gunakan kurang lebih 5 juta pengguna.

Situs EdX memiliki kategori yang bisa di jadikan pilihan terkait memilih pembelajaran pemrograman.

Kamu dapat belajar berbagai bahasa pemrograman secara gratis.

Selain itu situs edX ini kamu bisa mendapatkan akses dalam mempelajari berbagai tutorial yang memuat mengenai bahasa pemrograman, diantaranya: CSS, HTML, Java, Jquery, SQL, C++, Phyton, Mobil app Developer, C# dan masih banyak lagi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments