Home » Website » 5 Hosting Terbaik di Indonesia Banyak Digunakan

5 Hosting Terbaik di Indonesia Banyak Digunakan

Web hosting adalah jasa layanan untuk mengonlinekan website atau aplikasi agar dapat diakses melalui Internet.

Sebelum memutuskan untuk mengonlinekan website, sangat penting untuk mempertimbangkan memilih salah satu penyedia web hosting yang akan kamu gunakan.

Mengapa kamu perlu mempertimbangkan memilih layanan web hosting untuk mengonlinekan website, karena tidak semua layanan web hosting bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Nah, beberapa yang perlu di pertimbangkan ketika memilih web hosting yaitu paket harga yang ditawarkan, fitur-fitur yang dimiliki, pelayanan, kecepatan, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan sesuai dengan website atau aplikasi yang ingin kamu onlinekan. Misalnya, kamu punya aplikasi toko online, blog pribadi, company profile, dan lain-lain.

Agar kamu bisa mengetahui web hosting yang mana akan kamu gunakan. Kamu perlu mereview setiap layanan web hosting tersebut, baik dari paket harga, fitur yang digunakan, kecepatan, dll.

Namun, untuk mereview setiap layanan web hosting. Kamu harus menggunakannya terlebih dulu atau paling tidak membaca artikel tentang hasil review web hosting yang akan kamu gunakan.

Dengan begitu, tentu memerlukan waktu yang cukup lama agar bisa memutuskan salah satu web hosting yang kamu gunakan.

Tapi kamu jangan khawatir akan hal itu, karena kamu sangat beruntung menemukan artikel ini. Dengan membaca artikel ini, kamu tidak repot lagi mereview web hosting mana yang terbaik.

Karena artikel ini membahas tentang web hosting terbaik khususnya di Indonesia. Sumber data di ambil dari situs penyedia informasi trend penggunaan teknologi yaitu trends.builtwith.com.

Data yang disajikan dalam artikel ini diambil tertanggal 5 November 2021, dimana menampilkan beberapa layanan web hosting terbaik yang digunakan di Indonesia berdasarkan jumlah penggunanya.

Web Hosting Terbaik di Indonesia

Untuk melihat layanan web hosting terbaik di Indonesia, berikut kami sajikan datanya mulai dari jumlah pengguna yang paling banyak hingga terkecil.

1. Rumahweb

Posisi pertama layanan web hosting terbaik di Indonesia versi Trend Builtwith yaitu Rumahweb, hingga November 2021 tecatat web hosting ini sudah mengonlinekan sebanyak 47,973 website.

CEO/Founder Rumahweb bernama Yusuf Nurrachman. Rumahweb Indonesia di dirikan pada tahun 2002 di Yogyakarta, yang awalnya hanya memiliki satu server.

Hingga kini Rumahweb sudah memiliki lebih dari 30 server untuk melayani hosting dan VPS/Cloud. Dimana teknologi yang digunakan seperti Supermicro Server, cPanel, CentOS, Parallels Virtuozzo, dan R1 Soft.

2. Hostinger

Di urutan kedua adalah Hostinger sebagai layanan web hosting terbaik di Indonesia, dengan total website yang sudah di onlinekan sebanyak 47,350 website.

Pimpinan perusahaan ini bernama Arnas Stuopelis, Hostinger di dirikan pada tahun 2004 yang berpusat di Kaunas, Lituania. Hingga kini, Hostinger juga memiliki lokasi di Yogyakarta, Indonesia, dan Florianopolis, Brazil.

Web hosting ini memiliki 29 juta pengguna di 178 Negara, dimana rata-rata 15 ribu pendaftaran baru setiap hari.

Layanan yang diberikan seperti Web Hosting, Shared hosting, Cloud Hosting, VPS, Email, Minecraft Hosting, Windows VPS, WordPress Hosting, dan Domains.

Hostinger juga memiliki anak perusahaan antara lain 000Webhost, Hosting24, Niagahoster, Weblink, dan Zyro.

Dimana salah satu yang paling terkenal dan masuk dalam kategori web Hosting Terbaik di Indonesia adalah Niagahoster.

CEO Niagahoster bernama Ade Syah Lubis, Niagahoster berdiri sejak tahun 2013 dan hingga kini Niagahoster telah dipercaya lebih dari 500.000 klien yang terdaftar dari seluruh Indonesia.

Beberapa kelebihan layanan hosting Niagahoster yaitu menjamin kualitas uptime server 99.9%, memiliki dukungan Customer Services 24 jam, dan memberikan harga termurah di kelasnya.

Beberapa layanan Niagahoster yaitu Unlimited Hosting, WordPress Hosting, Cloud Hosting, VPS Hosting, Mail Hosting, Website Instant, Domain, dan SSL.

Selain layanan hosting, Niagahoster juga menyediakan media edukasi yang tersedia secara gratis seperti Artikel Blog, Ebook, Webinar, Niagahoster Course, Webinar, dan lain-lain.

Teknologi Niagahoster di dukung PHP8, CLoudLinux, CloudFlare, BitNinja, DC DCI-Indonesia, Webuzo Softaculos, Intel SSD, dan Cloud Computing Technology.

3. Google

Urutan ketiga yaitu Google sebagai web hosting terbaik yang digunakan pengguna di Indonesia dengan total 24,275 website yang di onlinekan.

Siapa yang tidak kenal dengan Google, perusahaan raksasa teknologi yang ada di dunia.

Kita ketahui bahwa apa yang kita gunakan hari ini merupakan produk yang dihadirkan oleh Google.

Jadi tidak salah, jika layanan hosting Google memiliki pengguna yang banyak di Indonesia.

4. Linode

Keempat di tempat oleh Linode sebaga layanan Web Hosting terbaik yang di gunakan di Indonesia, jumlah website yang menggunakan layanan ini tercatat 17,249 website.

Linode adalah web hosting yang dimiliki perusahaan swasta Amerika yang berbasis di Philadelphia, Pennsylvania, Unite States.

Christopher Aker mendirikan perusahaan ini tahun 2003 dengan misi untuk membuat komputasi awan menjadi sederhana, terjangkau, dan dapat diakses oleh pengembang di seluruh dunia. Hingga saat ini, perusahaan ini memiliki jumlah karyawan lebih dari 200.

Salah satu kelebihan Linode dibandingkan provider lainnya terhadap layanan infrastruktur yang digunakan dari hasil survey situs G2, yaitu dari segi kemudahan, mudah melakukan beberapa setup, dan kualitas layanan.

5. PT Master Web Network

Selanjutnya layanan web hosting terbaik di Indonesia adalah PT. Master Web Network atau biasa disebut Master Web. Perusahaan ini telah berkecimpung sejak 1998 di bidang web hosting.

Website yang terdapat menggunakan layanan web hosting dari Master Web tercatat 7.950 Website.

Dilansir dari website resmi masterweb.com, pelanggan aktif master web kurang lebih 100.000 pelanggan, dan pelanggan bertambah setiap bulannya sekitar 4000 hingga 5000 pelanggan.

Provider ini fokus pada jasa web hosting dengan menyediakan layanan seperti Domain Name, Shared Hosting, VPS, Website Builder, Colocation Server, Dedicated Server, Managed Server, dan Learning Center.

Itulah beberapa provider web hosting yang banyak di gunakan di Indonesia. Namun, beberapa dari daftar Top In Web Hosting Usage Distribution in Indonesia  yang disajikan oleh Trends BultWith tidak kami cantumkan.

Beberapa teknologi yang tidak disebutkan diantaranya Domain Not Resolving, Cloudflare Hosting, Google Cloud, Digital Ocean, Amazon, LeaseWeb, Contabo, Choopa, Vultr, ArdHosting, dan Exa Bytes Network.

Dari daftar nama web hosting yang disebutkan diatas, terdapat tiga provider dari Indonesia yaitu Rumahweb, Niagahoster yang berafiliasi dari Hostinger, dan Master Web.

Nah, jika kamu tertarik menggunakan salah dari layanan web hosting tersebut, langsung saja mengunjungi website resminya.

Namun, jika kamu ingin menggunakan layanan web hosting lainnya, kamu bisa mencari sumber referensi lainnya, agar kamu bisa sesuaikan dengan budget yang kamu miliki dan fitur yang kamu inginkan.

Sekian artikel tentang daftar web hosting terbaik di Indonesia yang banyak digunakan menurut survey Trends Built With, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi dalam memilih web hosting untuk mengonlinekan website.

Jika kamu bingun bagaimana membuat dan mengonlinekan website di web hosting, kamu bisa konsultasikan kepada kami. Kami siap membantu agar website Anda bisa di akses oleh banyak orang.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments