Home » Karir » Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Daftar Isi

Perbanyak Aksi dan Nikmati Proses

Apakah Anda mahasiswa yang ketika lulus kuliah bisa langsung dapat pekerjaan, berpenghasilan dan bisa membahagiakan kedua orang tua?

Jika Ya, berarti tujuan kita sama waktu kuliah, impian tersebut dapat terwujud jika apa yang kita lakukan menggunakan cara yang tepat.

Apabila ada cara yang tepat untuk mencapai impian tersebut, seperti apa cara yang tepat tersebut. Jika kita berbicara mengenai cara yang tepat tentu masing-masing orang memiliki cara yang tepat sesuai pendapat pribadi.

Di tulisan ini kita tidak membahas bagaimana cara untuk sukses, akan tetapi kita membahas bagaimana menjadi mahasiswa yang pada akhirnya bisa bekerja, berpenghasilan, dan membahagiakan kedua orang tua, serta dapat bersaing di dunia kerja.

Pada saat kuliah sering kita berpikir, jika saya lulus kuliah saya ingin kerja apa, dan berapa gaji saya nanti, berapa tahun saya akan bisa beli motor, beli mobil, beli rumah, menikah, punya usaha sendiri, dll.

Jika waktu kuliah terlalu banyak menggunakan waktu kita hanya untuk memikirkan hal-hal tersebut tanpa aksi, tentu itu hanya percuma dan membuang waktu kita, seharusnya fokus untuk belajar dan mempersiapkan diri agar dapat bersaing di dunia kerja nantinya.

Kita juga  kadang berpikir ingin cepat menyelesaikan kuliah agar bisa cepat bekerja dan berpenghasilan. Namun terkadang ada sesuatu yang kita lupakan yaitu proses, dengan melewati proses tentu kita paham bagaimana mencapai impian kita.

Sebaiknya lupakan pikiran-pikiran yang terlalu banyak menyita waktu, sehingga kita tidak fokus pada proses.

Baiklah di tulisan ini akan di uraikan hal-hal yang setidaknya perlu di lakukan oleh mahasiswa di waktu kuliah, agar nantinya setelah lulus bisa cepat dapat pekerjaan.

Buat Planning (Perencanaan)

Membuat perencanaan tentu ini sangat penting untuk mencapai impian Anda ke depannya, sebab tanpa perencanaan Anda tidak akan mengetahui apa yang hendak akan di capai.

Misalkan Anda bermimpi ingin menjadi guru, dokter, polisi, tentara, programmer, dll.

Ketika Anda sudah mengetahui apa yang hendak anda capai maka itu sudah ada perencanaan, sudah ada persiapan dan sudah memiliki gambaran tentang apa yang akan di lakukan ke depannya.

Belajar Sesuatu Dengan Melihat Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Tantangan

Sebagai mahasiswa Anda di tuntut untuk terus belajar, dan bukan hanya mahasiswa akan tetapi semua orang harus tetap belajar agar tidak ketinggalan informasi.

Belajar yang di maksud di sini adalah mempelajari ilmu pengetahuan atau sesuatu yang berkaitan dengan impian Anda.

Dalam mempelajari suatu pengetahuan, Anda tidak mungkin mempelajari semua apa yang ada di dunia ini, tentu Anda menentukan mana yang disuka dan yang berkaitan dengan impian.

Mempelejari apa yang kita suka bukan hanya sekedar belajar, akan tetapi harus mempertimbangkan empat hal agar belajarnya tidak sia-sia, karena apa yang di pelajari nantinya akan di terapkan di masyarakat atau dunia kerja.

Empat hal yang harus di pertimbangkan dalam belajar suatu pengetahuan yaitu kita harus tau apa kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan apabila Anda mengaplikasikannya ke masyarakat atau dunia kerja.

Memiliki Keahlian Khusus Yang Tidak di Miliki Oleh Orang Lain Pada Umumnya

Untuk cepat di terima bekerja maka Anda harus memiliki keahlian khusus yang dapat membedakan anda dengan pekerja lainnya.

Jika Anda tidak memiliki keahlian khusus, tentunya Anda berkompetisi pada pekerjaan yang banyak kompetitornya.

Misalkan anda hanya mampu mengoperasikan aplikasi Microsoft office word dan excel.

Apabila Anda hanya mengetahui kedua aplikasi tersebut tentu di posisi pekerjaan tersebut banyak yang mendaptar sehingga kecil kemungkinan Anda akan di terima.

Lalu bagaimana jika Anda memiliki keahlian khusus seperti dokter gigi, dokter mata, ahli mesin, programmer, analis, designer, dll. Tentu tidak semua orang bisa memiliki keahlian tersebut sehingga kurang persaingan dan tentunya banyak peluang kerjanya.

Melakukan Pendekatan Dengan Dosen

Bagi Anda mahasiswa yang sementara menempuh pendidikan tidak selamanya Anda hanya menerima ilmu yang di transfer oleh dosennya, akan tetapi Anda juga perlu melakukan pendekatan.

Melakukan pendekatan perlu di bangun antara dosen dan mahasiswa supaya ada hubungan emosional.

Tujuan pendekatan kepada dosen yaitu suatu saat Anda selesai study, hubungan tetap terjaga dan tentu dosen Anda sudah banyak menamatkan mahasiswanya baik yang sudah bekerja di lingkup pemerintahan, swasta, dll.

Lalu apa keuntungannya? Keuntungannya adalah Anda bisa di rekomendasikan apabila ada lowongan pekerjaan yang di buka oleh salah satu alumni yang sudah bekerja tersebut.

Aktif  Berorganisasi

Menjalin hubungan antar sesama mahasiswa itu perlu, karena dengan berorganisasi anda dapat menjalin hubungan antara sesama mahasiswa dan tentunya memperbanyak teman.

Jika hubungan antara teman tidak terputus dan baik-baik saja, keuntungannya adalah salah satu di antara mereka sudah berhasil dan membutuhkan tenaga kerja maka Anda bisa di rekrut.

Bangun Relasi di Luar Kampus

Relasi itu penting, mencari atau menambah teman tentu bukan hanya di lingkup kampus Anda sendiri, perlu membangun relasi dengan mahasiswa-mahasiswa atau orang-orang di luar kampus.

Relasi ini penting supaya Anda bisa mendapatkan informasi, atau Anda sendiri yang dapat memberikan informasi kepada mereka.

Aktif Dalam Kegiatan Sosial

Sebagai seorang mahasiswa bukan hanya sekedar menimbah ilmu, akan tetapi kita harus tau bagaimana menerapkan ilmu yang kita dapatkan di bangku perkuliahan ke lingkungan masyarakat luas.

Aktif dalam kegiatan sosial juga merupakan momen untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat tentang siapa diri Anda dan apa kemampuan Anda, dengan cara itu Anda bisa di kenal di masyarakat.

Bangun Media Promosi

Jika sebelumnya di jelaskan bagaimana kita membangun relasi dan melakukan promosi dengan cara face to face, lain halnya dengan promosi lewat media.

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya bukan hanya sekedar produk saja yang perlu di promosikan, bahkan kita sendiri juga perlu di promosikan agar orang lain mengetahui apa keahlian yang kita miliki.

Dengan cara apa yang paling efektif untuk mempromosikan diri Anda, yaitu dengan menggunakan bantuan media berupa Media Sosial,Blog/Website.

Melalui bantuan media tersebut Anda tidak perlu mencetak brosur, baliho, spanduk, dan lain-lain untuk mempromosikan diri Anda.

Untuk mempromosikan diri Anda lewat blog/website,  tidak terlalu banyak biaya cukup biaya kuota internet sudah bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia bahkan seluruh Dunia.

Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara membuat blog/website langsung konsultasikan dengan team masagena.id.

Fokus, Sabar dan  Selalu Memperbaiki Sikap

Untuk mencapai impian Anda, tentu tidak bisa di lewati tanpa melalui proses dan Anda harus fokus menjalaninya.

Tidak sedikit rintangan yang harus dilewati supaya bisa mencapai impian, dan tentu hal itu harus di lawan dengan kesabaran, karena tidak ada perjuangan yang mulus.

Begitu banyak rintangan yang di hadapi untuk mencapai impian, dan tentunya Anda banyak belajar dari rintangan dan kegagalan tersebut, sehingga Anda menjadikannya sebagai pelajaran dan selalu memperbaiki sikap sehingga impian Anda bisa tercapai.

Mungkin itulah hal-hal yang perlu di terapkan oleh mahasiswa yang sering berfikir tentang pekerjaan apa yang akan di kerjakan setelah selesai kuliah nanti.

Sumber tulisan ini tentu dari pengalaman pribadi yang coba saya tuangkan kedalam media ini.

Terimakasih telah membaca tulisan ini, apabila ada kata yang kurang berkenang mohon di maafkan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments