Home » Teknologi » Rekomendasi Aplikasi Investasi Saham OJK Untuk Pemula

Rekomendasi Aplikasi Investasi Saham OJK Untuk Pemula

Aplikasi investasi saham menjadi faktor pendorong meningkatknya jumlah investor di pasar modal Indonesia saat ini. Laporan Kustodian menunjukkan data investor pada tahun 2021 mencapai angka 4 jt lebih investor.

Berdasarkan data demografi, investor di dominasi oleh kalangan usia muda, yaitu usia di bawah 31 tahun dengan berpendidikan rerata SMA. Data menunjukkan persentase investor berdasarkan pendidikan dari lulusan SMA mencapai 50,42%, pendidikan S1, 37,92%, lulusan D3 7,87%, dan pendidikan S2 ke atas 3,79%.

Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa faktor yang mempengaruhi minat investasi saham yaitu adanya pengaruh motivasi dan kemajuan teknologi.

Dengan kemajuan teknologi, perusahaan efek berlomba mengembangkan aplikasi investasi saham dengan tujuan agar dapat memberikan kemudahan akses informasi pasar modal, dan memudahkan investor untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Aplikasi Investasi Saham OJK Untuk Pemula 

Membahas tentang aplikasi investasi saham, saat ini banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk investasi saham.

Namun, perlu Anda ketahui aplikasi saham terbaik agar dapat memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan dalam berinvestasi.

Melansir dari situs bussines.co.id bahwa ciri-ciri sekuritas yang baik yaitu perusahaan sudah terdaftar di perusahan efek Indonesia, registrasi yang praktis, terdapat edukasi rutin dan gratis, memiliki customer service yang responsif, setoran awal terjangkau, fee transaksi rendah, dan aplikasi user friendly.   

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari beberapa referensi, berikut daftar aplikasi saham untuk pemula yang terdaftar di OJK yang bisa Anda coba. 

1. Stockbit

Aplikasi investasi saham milik PT Stockbit Sekuritas Digital ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan,  dan menjadi salah satu rekomendasi aplikasi saham untuk pemula maupun professional.

Sebab, aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk menganalisis perkembangan saham, dan kerennya ia juga menyediakan fitur diskusi dengan investor lainnya.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan professional tools yang dapat memudahkan Anda dan memberikan pengalaman dalam berinvestasi.

Stockbit sudah di download satu juta lebih pengguna di playstore, dengan 27 ribu lebih ulasan dari penggunanya dan mendapatkan rating 4,1, tentu data ini dapat berubah setiap saat berdasarkan respon dari pengguna aplikasi tersebut.

2. Ajaib

Ajaib adalah aplikasi investasi saham milik PT. Ajaib Sekuritas Asia yang sudah terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-171/PM/1992.

Aplikasi ini memiliki fitur ajaib alert yang dapat memberikan informasi kapan saat terbaik untuk buy maupun cut loss saham. Pada aplikasi ini, Anda dapat memilih produk investasi antara lain saham, asset kripto, dan reksadana.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi saham, Anda dapat berinvestasi di berbagai perusahan ternama seperti antam, indosat, bank jago, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi kripto dengan asset kripto seperti bitcoin, ethereum, Solana, cardano, litecoin, dan polkadot.

Aplikasi ajaib sudah di download 1 jt+ lebih pengguna dengan rating 4,2 per tanggal 4 Juli 2022. Tentu angka ini bisa saja berubah di lain waktu.

3. Bibit

Bibit merupakan aplikasi investasi saham milik PT. Bibit Tumbuh Bersama yang sudah mengantongi izin Otoritas Jasa Keuangan. Rating aplikasi ini di playstore yaitu 4,7 dan sudah di download oleh 5 jt+ pengguna.

Melansir dari situs resminya, keunggulan investasi reksadana di bibit yaitu karena memiliki teknologi robo advisor yang akan membantu menyeleksi reksadana berkualitas. Dengan begitu, platform ini merupakan rekomendasi aplikasi investasi saham untuk pemula.

Selain itu, aplikasi ini juga menggratiskan biaya komisi, bisa cair kapan saja, dan dapat memulai investasi hanya dengan modal sebesar Rp. 100.000.

Kemudian, ia juga memiliki sistem keamanan berlapis yang menjamin keamanan dana terjaga, data akun terlindungi, proses pencairan terverifikasi, dan fitur pengenal perangkat yang akan memberikan notifikasi jika ada aktivitas login yang mencurigakan.

4. IPOT

IPOT adalah aplikasi investasi saham dari PT Indo Premier Sekuritas untuk investor yang ingin melakukan investasi saham, reksa dana, dan ETF dengan fitur lengkap.

Untuk menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda tidak perlu ragu karena aplikasi IPOT sudah mengantongi izin dari OJK. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 1 jt+ pengguna yang sudah mendownload dengan rata-rata ulasan mendapatkan bintang 4,1.

Untuk melakukan transaksi saham, reksadana, ETF, dan obligasi cukup menggunakan satu akun terintergrasi. Kemudian, aplikasi ini juga menggunakan algoritma AI untuk membaca market.

Selain itu, tersedia IPOT Journey yang bertujuan untuk memberikan webinar kepada penggunanya dengan membagi tiga kelompok yaitu beginner, intermediate, dan advanced.

5. RTI Business

Aplikasi investasi saham yang satu ini memungkinkan Anda melihat berbagai informasi tentang saham seperti probability, income statement, cash flow, balance sheet, earnings, dan growth. Sehingga, ia menjadi salah satu aplikasi saham terbaik OJK.

Kemudian, Anda juga bisa melihat informasi pergerakan pasar modal dan menganalisis kinerja perusahaan selama lima tahun terakhir. Ada 1 jt+ pengguna yang sudah mendownload aplikasi ini di playstore dan mendapatkan rating 4,6 dan 19,5 ribu ulasan.

6. Tanamduit

Tanamduit merupakan aplikasi yang mudah dan prakits untuk Anda yang ingin berinvestasi reksa dana, Surat Berharga Negara, Emas, dan Asuransi. Legalitas aplikasi tanamduit sudah mendapatkan izin dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Keuangan, dan Kominfo.

Untuk menjaga keamanan transaksi dalam berinvestasi, aplikasi investasi saham ini menggunakan sistem keamanan dengan pin, sidik jari, dan face id.

Kemudian, aplikasi ini mendukung berbagai mitra pembayaran seperti dana, gopay, ovo, shopee pay, jakone mobile, BCA, onklik, mandiri, dan link aja. Saat ini, aplikasi tanamduit sudah di download 100 rb+ pengguna di playstore.

7. Neo HOTS Mobile

Neo HOTS Mobile adalah aplikasi investasi saham dari PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia yang cukup populer. Karena aplikasi ini menawarkan beberapa produk transaksi saham dan obligasi baik konvensional maupun syariah.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu menyiapkan dana minimal Rp. 10 juta. Aplikasi ini tersedia dua versi yaitu HOTS untuk akses melalui PC dan Neo HOTS untuk akses melalui smartphone.

Jumlah download aplikasi Neo HOTS di playstore tercatat 100 rb+ pengguna dengan rata-rata rating ulasan mendapatkan bintang 3,1.

8. MOST Mandiri

Aplikasi investasi saham MOST Mandiri merupakan aplikasi miliki PT Mandiri Sekuritas yang di sediakan kepada para investor yang ingin melakukan jual beli saham, reksa dana, dan obligasi dalam satu platform terintegrasi.

Fitur yang di hadirkan aplikasi ini sangat beragam antara lain trade stock, trade mutual fund, watchlist, trade bonds, chart, trend line drawing, auto order, news, riset, running trade, corporate action, dan IPO Book Building.

Namun, fitur yang ada menyesuaikan dengan versi aplikasi yang digunakan yaitu versi MOST Web, MOST App, dan MOST Mobile.

Jumlah pengguna yang menggunakan MOST Mobile tercatat 100 rb+ dengan ulasan rata-rata mendapatkan bintang tiga.

9. Motions Trade

Motin Trade merupakan aplikasi investasi saham yang dikembangkan oleh PT MNC Sekuritas dengan fitur unggulan voice command, funds, opening account online, MNC research, trader view, super order, dan advanced charting tools.

Fitur voice command memungkinkan Anda membuka berbagai menu, input ransaksi beli, jual, membaca berita, mengetahui harga saham hanya dengan menggunakan perintah suara ke smartphone. Untuk mengetahui informasi tentang fitur aplikasi ini lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi langsung website resminya.

Aplikasi Motion Trade sudah di download 100 rb+ pengguna di playstore dengan rata-rata ulasan mendapatkan rating bintang tiga.

10. BIONS

BIONS merupakan singkatan dari BNI Sekuritas Innovative Online Trading Systems, aplikasi BIONS merupakan aplikasi investasi saham untuk memudahkan investor pasar modal Indonesia melakukan berbagai investasi seperti saham, reksa dana, obligasi, dan EBA Ritel dalam satu aplikasi.

Untuk memberikan kemudahan dan keamanan kepada investor, BIONS menyediakan fitur seperti Finger Print Login, Automatic Order, Watch List Notes, News, Research, dan Chart. Sehingga, investor dapat mengakses informasi secara realtime seperti informasi harga dan rekomendasi saham.

Aplikasi BIONS sudah di download 100 rb+ pengguna di playstore dengan 4,18 ribu ulasan dan mendapatkan rating ulasan rata-rata 3,2.

11. POEMS ID

Aplikasi saham POEMS ID di kembangkan oleh perusahaan efek bernama PT. Philip Sekuritas Indonesia yang merupakan bagian dari Philip Capital Group perusahaan bisnis asal Singapura. Hingga saat ini, aplikasi ini sudah di download 100 rb+ pengguna dengan 3,48 ribu ulasan dan mendapatkan rating ulasan rata-rata 4,1.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus mendaptar sebagai nasabah Philip Sekuritas dengan membuka rekening saham. Minimal deposit untuk melakukan transaksi yaitu Rp. 500.000 untuk umum dan Rp. 100.000 untuk mahasiswa. Kemudian untuk fee setiap transaksi pembelian sebesar 0,18% dan 0,28% untuk penjualan.

12. Bareksa

Platform investasi saham yang terakhir ini yaitu Bareksa milik PT. Bareksa Portal Investasi yang berdiri sejak tahun 2013 terdaftar dan di awasi oleh OJK. Aplikasi ini sudah di download 1 jt+ pengguna dengan 19,5 ribu ulasan dan rata-rata mendapatkan rating bintang 4.

Melalui aplikasi ini Anda dapat melakukan investasi dengan berbagai pilihan seperti reksadana, surat berharga Negara, emas, dan umroh.

Hingga saat ini, aplikasi bareksa sudah mendapatkan penghargaan bergensi sebagai mitra distribusi SBSN fintech terbaik 2021 dari Kementerian Keuangan RI, dan platform investasi terbaik di Indonesia tahun 2019.