Home » Teknologi » Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2024

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2024

Daftar Isi

Laptop gaming terbaik merupakan laptop kelas tinggi yang di peruntukkan untuk bermain game dan menjalankan berbagai aplikasi berat.

Karena ia di rancang khusus untuk menjalankan berbagai jenis game mulai yang ringan hingga berat, termasuk juga untuk creation dan pekerjaan berat lainnya.

Harganya pun jauh lebih mahal daripada laptop biasa. Harga laptop gaming rata-rata 10 juta ke atas dan ada yang mencapai ratusan juta.

Apakah Anda sudah mengetahui laptop yang bagus untuk gaming?

Melalui artikel ini kami berikan informasi tentang salah satu rekomendasi laptop gaming terbaik 2024 yaitu Asus ROG, ROG sendiri merupakan singkatan dari Republik of Gamers.

Ingin tau seperti apa spesifikasi dan kekuatan seri laptop ini. Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Namun, sebelumnya saya akan mengajak Anda untuk mengetahui apa itu laptop gaming?

Apa itu Laptop Gaming?

Apa yang dimaksud dengan laptop gaming? Laptop gaming adalah laptop kelas tinggi dengan spesifikasi khusus untuk menjalankan berbagai aplikasi berat.

Spesifikasi laptop gaming berbeda dengan laptop pada umumnya. Perbedaan laptop gaming dengan laptop biasa yaitu pertama dari segi fisik, laptop gaming memiliki desain yang lebih tebal, keren, dan lebih mencolok.

Kemudian perbedaan berikutnya dari segi pacu atau komponen pendukung performanya. Prosesor laptop gaming jauh berbeda dengan laptop biasa.

Meskipun kelihatannya laptop gaming dan laptop biasa memiliki prosessor yang sama yaitu Intel Core i7. Tetapi, belum tentu memiliki performa yang sama. Sebab, perbedaannya ada pada nomor seri yang digunakan.

Misalnya spesifikasi prosessor Intel Core i7-10710U dan Intel Core i7-10875H, laptop biasa menggunakan seri U (ultra low power) yang artinya hemat daya. Sedangkan laptop gaming menggunakan seri H (high performance) yang artinya performa tinggi.

Perbedaan ketiga yaitu dari segi kartu grafisnya, laptop gaming menggunakan kartu grafis dengan performa tinggi. Semua laptop gaming wajib memiliki dedicated GPU untuk membantu performa grafis laptop. 

Apa Perbedaan Laptop Gaming dan Laptop Biasa?

Perbedaan mendasar laptop gaming dengan laptop biasa dapat Anda lihat pada tabel berikut ini.

Laptop Gaming Laptop Biasa
Laptop gaming peruntukannya untuk penggunaan berat. Peruntukkannya untuk mengerjakan tugas yang lebih ringan.
Body besar, tebal dan berat. Body tipis dan ringan.
Lebih baik untuk editing video yang lebih berat. Masih bisa digunakan untuk edit video ringan.
Sanggup untuk game berat dengan settingan grafis dan frame rate lebih tinggi. Bisa digunakan untuk menjalankan game ringan.
Boros baterai & listrik Hemat baterai & listrik.
Tempratur permukaan lebih stabil jika digunakan untuk gaming dalam waktu yang lama. Tempratur permukaan lebih cepat panas untuk pekerjaan yang lebi berat dan penggunaan dalam waktu yang lama.
Harga laptop gaming 10 jutaan ke atas. Harga 4 jutaan keatas.

Nah, apakah Anda sudah mengetahui perbedaan laptop gaming dan laptop biasa. Jika Ya, selanjutnya mari kita bahas bagaimana tips memilih laptop gaming.

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik

Jika Anda seorang gamer sejati pastinya sudah paham spesifikasi laptop gaming yang bagus.

Namun, bagaimana jika Anda baru terjun dalam dunia game, pastinya belum paham spesifikasi laptop gaming yang baik.

Olehnya itu, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika ingin membeli laptop gaming antara lain sebagai berikut.

  1. Prosesor
  2. VGA
  3. Memori
  4. Media Penyimpanan
  5. Daya Tahan Baterai
  6. Ukuran dan Kualitas Layar
  7. Kualitas Suara
  8. Port I/O.

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2024

Nah, pada artikel ini kami akan mengulas salah satu rekomendasi laptop gaming terbaik di Indonesia yaitu produk Asus ROG.

Laptop gaming terbaik 2024 salah satunya adalah produk Asus yaitu seri Asus ROG.

Asus ROG adalah laptop gaming paling powerful dan serbaguna untuk meningkatkan pengalaman bermain game dengan grafis, sistem pendingin inovatif, dan tampilan terbaik.

Produk Asus ROG dirancang khusus untuk keperluan gaming dan berbagai pekerjaan berat dengan menawarkan tiga seri yaitu ROG Flow, ROG Strix, dan ROG Zephyrus.

Seri Asus ROG Flow hadir dengan desain convertible yang lebih ringkas dan fleksibel, dan mode penggunaannya yang bervariasi mulai dari mode laptop, mode stand, mode tent, hingga mode tablet.

Selanjutnya, seri Asus ROG Strix merupakan laptop gaming special edition yang hadir dengan desain unik dan spesial, serta memiliki sistem pendingin khusus untuk laptop paling powerful layaknya PC desktop.

Kemudian, Asus ROG Zephyrus adalah laptop yang di rancang khusus tidak hanya untuk gamer, tetapi juga untuk para konten kreator.

Sama halnya seri laptop Asus lainnya, seri Asus ROG menawarkan berbagai tipe kepada gamer dan konten kreator.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail spesifikasi dari setiap tipe Asus ROG, berikut kami sajikan ulasannya untuk Anda.

1. Asus ROG Flow X13 

Laptop gaming convertible Asus ROG Flow X13

Asus ROG Flow X13 adalah laptop gaming convertible paling ringkas dan powerful dengan kombinasi hardware serta teknologi generasi terbaru. Laptop ROG Flow X13 terbaru berbekal prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series.

AMD Ryzen™ 6000 Series merupakan prosesor generasi terbaru yang menggunakan arsitektur Zen 3+, sehingga menghasilkan performa yang lebih baik, termasuk juga efisiensi daya tahan baterai.

Prosesor tersebut memiliki chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ yang mampu menghasilkan performa grafis yang baik, tanpa menggunakan daya baterai berlebih. ROG Flow X13 juga memiliki varian chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050Ti.

Dari segi konektivitas, laptop ini memiliki berbagai port seperti USB 3.2 Type-C dan Type-A, HDMI 2.0b, hingga 3.5mm combo audio jack. Dengan begitu, Anda lebih leluasa menggunakan aksesoris seperti mouse gaming dan headset gaming.

Menariknya, port USB 3.2 Type-C laptop gaming Asus terbaru mendukung fitur DisplayPort 1.2 dan USB Power Delivery. Sehingga selain berfungsi sebagai display output juga berfungsi sebagai fasilitas pengisian daya.

Kemudian dari segi desain, ROG Flow X13 memiliki layar yang dapat berputar hingga 360⁰ dan memiliki empat mode penggunaan.

Layarnya memiliki rasio 16:10 dengan color gamut 100% sRGB tersertifikasi PANTONE Validated Display, serta memiliki stylus berlapis Corning Gorilla Glass. Selain fleksibel, ia juga ringkas dengan bobot hanya 1,3 Kg dan ketebalan 15,8 mm.

Dengan teknologi modern yang hadir pada ROG Flow X13 dan desain convertible, menjadikannya sebagai laptop gaming terbaik yang powerful, ringkas, dan fleksibel untuk berbagai aktivitas.

2. Asus ROG Flow X16

Asus ROG Flow X16

Berbeda dengan ROG Flow X13, seri ROG Flow X16 hadir dengan layar yang jauh lebih besar yaitu layar 16-inci. ROG Flow X16 di lengkapi dengan touchscreen dan stylus, serta mendukung berbagai mode penggunaan.

Karena ia memiliki desain convertible dan layar yang lebih besar, menjadikan laptop ini bukan hanya untuk bermain game tetapi bisa juga untuk ngonten.

Bahkan, ia sudah menggunakan standar layar terbaik laptop gaming yaitu ROG Nebula Display dengan dukungan refresh rate 165Hz, response time 3ms, serta fitur Adaptive Sync. Sehingga dapat menghasilkan kualitas animasi game yang mulus tanpa efek tearing ataupun stuttering.

ROG Nebula Display juga memiliki color gamut 100% DCI-P3 dengan tingkat akurasi warna yang sangat tinggi, dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Untuk portabilitas, laptop ini memiliki bobot sekitar 2Kg dan ketebalan tidak melebihi 2cm. Meskipun ukurannya lebih besar, tetapi beratnya tergolong ringan karena terbuat dari bahan magnesium alloy yang lebih ringan daripada logam.

Laptop ini berbekal prosessor hingga AMD Ryzen™ 9 6900HS, GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 3070Ti dengan TGP 125W, MUX Switch, memori DDR5 SO-DIMM, dan PCIe 4.0 Performance SSD. 

ROG Flow X16 (GV601) memiliki rancangan untuk pemakaian jangka panjang sebab memori dan penyimpanannya memungkinkan untuk di upgrade. Dengan begitu, ROG Flow X16 (GV601) merupakan laptop gaming terbaik 16-inci paling fleksibel.

3. Asus ROG Flow Z13

Laptop gaming Asus ROG Flow Z13

Asus ROG Flow Z13 adalah laptop gaming 2-in-1 detachable paling powerful di dunia. ROG Flow Z13 mengusung konsep yang memungkinkan penggunanya dapat bermain game dimanapun dan kapanpun.

Laptop ini memiliki performa setara dengan konsol game modern berkat dukungan hardware yang powerful. ROG Flow Z13 merupakan laptop gaming terbaik paling inovatif pada tahun 2022.

ROG Flow Z13 menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series, prosesor ini menggunakan konfigurasi Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). Dimana P-core bertugas untuk memproses pekerjaan berat, sedangkan E-core bertugas menjalankan pekerjaan ringan.

Berkat kombinasi keduanya menghasilkan prosesor hybrid dengan kemampuan tinggi dan optimal untuk gaming dan content creation, dan tampil sangat efisien serta hemat daya.

Asus ROG Flow Z13 sangat powerful dengan dukungan ROG XG Mobile External GPU, laptop ini berbekal GPU hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti dengan TGP hingga 40W. 

Laptop ini juga memiliki MUX Switch yaitu chip khusus yang mengatur jalur data visual untuk di tampilkan pada layar. Dengan MUX Switch dapat meningkatkan performa game 10-30% sehingga dapat membuat pengalaman gaming semakin baik.

ROG Flow Z13 memiliki desain yang sangat ringkas dan portabel dengan layar berukuran 13-inci, ketebalan 12mm dan bobot 1,1kg. 

4. Asus ROG Strix SCAR 17 SE 

Laptop gaming powerful ROG Strix SCAR 17 Special Edition

ROG Strix SCAR 17 Special Edition adalah laptop gaming paling powerful dengan CPU 12th Gen Intel Core i9-12950HX. 

CPU yang digunakan memiliki konfigurasi 16 core (8 P-core dan 8 E-core) serta 24 thread. Memiliki base power 65W serta Performance-core yang dapat berjalan pada frekuensi hingga 5,2GHz.

Spesifikasi tersebut memastikan dapat menghadirkan performa CPU single-thread terbaik pada setiap skenario, khususnya saat bermain game. 

Chip grafis ROG Strix SCAR 17 Special Edition berbekal dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 3080Ti, sehingga dapat menjalankan berbagai game PC meskipun pada resolusi tinggi.

Laptop ini berbekal layar beresolusi QHD (2560 x 1440) dengan refresh rate 240Hz dan response time 3ms, serta dukungan teknologi Dolby Vision dan Adaptive Sync. Sehingga memastikan pengalaman bermain game yang nyaman tanpa efek stuttering dan tearing.

ROG Strix SCAR 17 SE hadir dengan sistem pendingin khusus menggunakan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme. Berkat sistem pendingin ini dapat menghasilkan suhu operasional hingga 15⁰C yang memungkinkan komponennya tetap berjalan dengan optimal.

Tidak hanya itu, ROG Strix SCAR 17 SE memiliki rancangan sangat unik dan spesial berkat fitur invisible link pada bodinya. Dengan berbagai hardware dan fitur terbaiknya, menjadikannya sebagai laptop gaming terbaik paling powerful saat ini.

5. Asus ROG Zephyrus G14 

ROG Zephyrus G14 2022

Jika Anda mencari laptop gaming minimalis dan stylish yang mudah dibawah bepergian sekaligus untuk bekerja, tentu pilihannya adalah Asus ROG Zephyrus G14.

ROG Zephyrus G14 adalah laptop gaming 14 inci paling ringkas yang memiliki spesifikasi hardware powerful untuk menghasilkan performa gaming terbaik, kualitas layar terbaik, serta mobilitas tinggi. Laptop ini menggunakan CPU dan GPU dari AMD, yaitu AMD Ryzen 6000 Mobile Series dan AMD Radeon RX 5000 Series.

Meskipun dirancang untuk kebutuhan gaming, tetapi ia memiliki desain minimalis dan sangat portabel  karena bobotnya hanya 1,72 Kg dengan ketebalan tidak lebih dari 2 cm.

Walaupun berukuran 14 inci, tetapi memiliki layar yang lebih luas dengan rasio 16:10. Kemudian ia juga memiliki webcam dengan sensor infra merah yang mendukung fitur facial recognition untuk login melalui Windows Hello.

Dari segi konektivitas, ROG Zephyrus G14 memiliki berbagai port untuk menghubungkan aksesoris gaming seperti USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.0b, USB 3.2 Type-C, 3.5mm combo audio jack, hingga port generasi terbaru yaitu USB 4.0 Type-C.

Kemudian ROG Zephyrus G14 dinobatkan sebagai laptop gaming paling stylish berkat fitur AniMe Matrix Display-nya, dan fitur ROG Aura RGB pada keyboard laptop gaming ini. Fitur tersebut dapat dikustomasi untuk membuat tampilan laptop lebih stylish.

Selain itu, ada berbagai fitur yang hadir pada seri terbaru ini seperti SmartAccess Memory, SmartShift, MUX Switch, ErgoLift, hingga sistem pendingin.

Dengan spesifikasi hardware dan desain yang ringkas serta berbagai fitur eksklusif ROG Zephyrus G14, menjadikannya sebagai laptop gaming terbaik 14 inci paling powerful, minimalis, dan stylish.

6. ASUS ROG Zephyrus G15

ASUS ROG Zephyrus G15

ROG Zephyrus G15 GA503 merupakan salah satu laptop gaming yang memiliki desain yang ramping dan ringan. Dengan desainnya yang ramping dan ringan tidak mengesampingkan kualitas hardware-nya sebagai laptop gaming berkualitas.

Laptop ini didukung CPU Ryzen™ 9 6900HS terbaru dan GPU Laptop NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 Ti hingga TGP maks 135W. Kemudian, ia juga memiliki MUX Switch yaitu chip grafis khusus yang dapat meningkatkan performanya hingga 9%. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan RAM DDR5 hingga 4800MHz dan penyimpanan hingga 1 TB.

Dari segi konektivitas, laptop ini memiliki port yang lengkap dan modern seperti USB 3.2 Type-A, MicroSD (UHS-II), HDMI 2.0b, RJ45, Audio Jack 3.5mm, dan juga Kensington Lock.

7. Asus ROG Zephyrus M16

Asus ROG Zepyrus M16 GU603Z

ROG Zepyrus M16 GU603Z merupakan laptop gaming terbaik serba bisa yang menawarkan spesifikasi untuk kebutuhan gaming sekaligus kreator. Berbagai perangkatnya dapat di upgrade yang dapat mempengaruhi pada performa, pendinginan, dan kualitas tampilan.

Hadir dengan layar berukuran 16-inci dan menggunakan teknologi super narrow bezel, sehingga mampu menghadirkan layar 16-inci dengan form factor seperti laptop 15-inci, dan membuat ukuran bodinya tidak membengkak.

ROG Zephyrus M16 menggunakan layar beresolusi QHD, serta mengusung rasio 16:10 dengan refresh rate 165Hz dan response time 3ms. Layarnya juga telah di kalibrasi dan memiliki color gamut 100% DCI-P3, serta mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Tidak hanya itu, layarnya menggunakan ROG Nebula Display sebagai standar layar laptop gaming terbaru yang hadir atas kebutuhan dasar gaming yaitu kecepatan, tingkat kecerahan, dan kualitas visual.

Untuk mendukung gamer dan konten kreator, ROG Zepyrus M16 GU603Z berbekal CPU Intel Core i9-12900H yang merupakan prosesor CPU 12th Gen Intel Core H Series.

Tidak hanya powerful dari segi CPU, tetapi juga memiliki performa grafis lebih baik berkat GPU NVIDIA GeForce RTX 3070Ti dengan konfigurasi TGP yang lebih tinggi. 

Dari segi konektivitas menggunakan teknologi WiFi terbaru yaitu WiFi 6E. Memiliki fitur Two-Way AI Noise-Cancelling, serta HD IR webcam dengan dukungan facial recognition melalui Windows Hello. Kemudian ia juga sangat ideal untuk bekerja, kuliah atau sekolah. 

8. Asus ROG Zephyrus Duo 16

ASUS Zephyrus Duo 16

Kehadiran ASUS ROG Zephyrus Duo 16 tidak hanya menargetkan para gamer, tetapi juga cocok untuk content creator dan live streamer. Sebab, Zephyrus Duo 16 dirancang khusus dengan hardware yang powerfull dan memiliki dua layar yang dapat meningkatkan produktivitas para content creator.

Dengan hadirnya ROG ScreenPad Plus™ yang berukuran 14,1 inci memungkinkan gamer dapat mengakses berbagai aplikasi tanpa menutup game yang sedang berjalan. Begitu juga content creator dapat lebih leluasa dengan ruang kerja yang lebih luas, apalagi dengan adanya dukungan penggunaan stylus.

Dari segi hardware, ROG Zephyrus Duo 16 menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series dan chip grafis hingga NVIDIA® GeForce® RTX™ 3080Ti. Kemudian, ia juga menggunakan memori DDR5 4800MHz berkapasitas hingga 64GB serta penyimpanan PCIe 4.0 SSD.

Untuk mengoptimalkan kinerja saat beroperasi, ROG Zephyrus Duo 16 menggunakan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal yang memungkinkan dapat beroperasi pada suhu hingga 15ᵒC, serta dapat beroperasi dengan mode boost yang lebih lama. Selain itu, ia juga menggunakan MUX Switch yang dapat meningkatkan performa pada game hingga 10-30%.

Jadi, jika Anda mencari laptop gaming dengan spesifikasi yang powerful sekaligus dapat digunakan untuk ngonten,  pilihan laptop gaming terbaik yang tepat adalah ROG Zephyrus Duo 16.

Kesimpulan

Produk Asus ROG hadir dengan hardware powerful dan fitur canggih yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game, sekaligus untuk meningkatkan produktivitas para kreator.

Sebab, Asus ROG di rancang sebagai laptop hybrid yang powerful dan fleksibel untuk memenuhi kebutuhan gamer, serta content creator dengan menggunakan teknologi modern seperti prosesor, kartu grafis, memori, media penyimpanan, daya tahan baterai, kualitas suara, port I/O, ukuran dan kualitas layar.

Seri Asus ROG juga tersedia beberapa tipe yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Selain itu, ia memiliki Komunitas gaming terbesar di Indonesia.

Dengan begitu, Asus ROG sangat pantas menjadi sebagai salah satu laptop gaming terbaik saat ini.