Home » Digital Marketing » Strategi Terbaik untuk Membuat Konten Unik Berbasis SEO

Strategi Terbaik untuk Membuat Konten Unik Berbasis SEO

SEO adalah salah satu kunci sukses di dunia online. Sangat penting untuk menggunakannya dengan benar untuk mendapatkan daya tarik di dunia online dan menarik target pelanggan/audiens ke situs web. Namun, agar hal itu terjadi, diperlukan konten unik yang digerakkan oleh SEO.

Sekarang, konten SEO yang tepat dapat menghasilkan peningkatan pengunjung sebesar 55% . Tetapi agar itu terjadi, pembuatan konten harus berkualitas tinggi. Itu berarti tidak ada ketidaksempurnaan atau masalah dengan konten yang mungkin merusak peluangnya untuk masuk ke SERP.

Jadi, apa strategi terbaik untuk membuat konten unik berbasis SEO? Bagaimana Anda fokus pada area tertentu untuk ditingkatkan? Ayo cari tahu.

Pentingnya Konten Unik Berbasis SEO

Konten unik yang digerakkan oleh SEO sangat penting untuk segala jenis kesuksesan online. Sederhana saja, apa yang terjadi ketika konten berbasis SEO hadir di situs web atau blog? Situs web atau blog akan muncul lebih tinggi di SERP (halaman hasil mesin pencari) dan menarik audiens berikutnya.

Itulah mengapa penting untuk fokus pada pembuatan konten yang dapat melakukan itu. Dan manfaat utama dari melakukannya adalah:

  • Visibilitas pencarian organik yang lebih tinggi;
  • Peningkatan peringkat mesin pencari;
  • Peningkatan lalu lintas dengan peningkatan tayangan dan klik;
  • Dan lebih banyak prospek dihasilkan oleh peningkatan visibilitas.

Dengan demikian, menghasilkan lebih banyak lalu lintas melalui SEO adalah kunci sukses dalam pemasaran online.

5 Tips Membuat Konten SEO Unik

Sekarang penting untuk dipahami bahwa pembuatan konten SEO adalah proses dari berbagai fase. Namun, agar tetap sederhana, kita berbicara tentang lima tips untuk setiap fase penting dalam pembuatan konten, berikut tipsnya:

1. Lakukan Riset Kata Kunci Menyeluruh

Langkah pertama dan mungkin salah satu langkah terpenting dalam membuat konten SEO adalah menemukan kata kunci yang tepat. Kata kunci yang memainkan peran penting dalam menghasilkan lalu lintas dan meningkatkan kemungkinan konten muncul di hasil pencarian organik.

Itulah mengapa penting untuk melakukan beberapa hal penting, seperti:

  • Meneliti kata kunci, termasuk kata kunci berekor panjang (Long Tail Keyword) dan istilah persaingan rendah;
  • Menemukan kata kunci semantik yang tepat untuk membuat kluster kata kunci;
  • Memasukkan kata kunci tersebut ke dalam konten, baik itu tajuk utama atau badan konten;
  • Dan Menghindari isian kata kunci untuk memastikan penggunaan yang tepat dari kata kunci tersebut.

Tetapi agar semua ini dapat dilakukan, seseorang harus menggunakan alat seperti Google Trends, Google Search Console, dll. Baru setelah itu Anda dapat menganalisis dan mengidentifikasi jenis kata kunci yang tepat untuk digunakan dalam konten Anda. Saat ini, AI juga dapat membantu dalam hal ini.

Banyak pemula dalam SEO hanya menyediakan ChatGPT atau bot AI terkait dengan ide, ceruk , dan kategori mereka. Kemudian, AI mencari kata kunci untuk mereka. Namun, penting bagi mereka untuk menganalisis kata kunci tersebut melalui program yang disebutkan di atas seperti Google Search Console.

2. Kembangkan Rencana Konten Komprehensif

Rencana konten diperlukan untuk sukses di dunia online, dan satu hal yang pasti penting untuk konten yang digerakkan oleh SEO. Selain kualitas yang baik dan informatif, konten harus teratur atau sistematis.

Agar hal itu terjadi, sebuah brand memerlukan rencana konten yang tepat yang mengklarifikasi beberapa hal, seperti:

  • Tujuan/sasaran pembuatan konten;
  • Kalender konten untuk memastikan posting reguler;
  • Platform yang tepat untuk memposting konten SEO tersebut, yaitu situs web, blog, blog tamu, dll;
  • Memahami pesaing dan memperbaiki masalah dengan konten yang ada di blog/website.

Ini akan memastikan bahwa kalender konten Anda tetap teratur dan memungkinkan Anda membuat konten secara teratur. Selain itu, berfokus pada pembuatan rencana konten juga membuat semuanya selaras dengan tujuan Anda. Baik itu untuk menarik lebih banyak audiens atau untuk menemukan lebih banyak pegangan pada platform tertentu.

3. Fokus Membuat Konten Berkualitas Tinggi dan Menarik

Konten yang menarik dan berkualitas tinggi adalah kebutuhan mutlak untuk segala jenis kesuksesan SEO. Jika Anda Google judul umum seperti “cara terbaik untuk membuat konten”, maka Anda akan menemukan 10 ribu halaman yang terkait dengannya.

Sekarang, hanya sedikit yang berhasil mencapai puncak, beberapa yang menyajikan informasi yang paling dapat ditindaklanjuti dengan gaya yang unik dan menarik. Agar hal itu terjadi, konten perlu memiliki beberapa kualitas, seperti:

  • Jadilah informatif dan dapat ditindaklanjuti;
  • Jadilah unik dan orisinal;
  • Dan bebas plagiarisme.

Agar konten memiliki semua sifat ini, Anda perlu membuat konten informatif. Kemudian, konten yang dapat ditindaklanjuti adalah ketika audiens memutuskan untuk melakukan sesuatu terhadap masalah-masalah yang dibahas dalam konten tersebut.

Ketika kita berbicara tentang kualitas konten, kita tidak dapat melewatkan aspek orisinalitas dan keaslian. Dan sesuai beberapa pembaruan terakhir Google, kepercayaan dan Keaslian adalah beberapa faktor utama untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian.

Orisinalitas dan keaslian datang ketika konten Anda bebas dari plagiarisme dan jika Anda telah menggunakan kata-kata orang lain, Anda telah mengutip dan memberikan kredit dengan benar kepada sumbernya. Terkadang plagiarisme dapat terjadi meskipun konten tersebut semata-mata buatan Anda. Dalam kasus seperti itu, setiap pembuat konten harus menggunakan program seperti cek plagiarisme untuk menemukan masalah duplikasi.

Jika alat mendeteksi beberapa contoh, ulangi, atau kutip sumbernya untuk menghapus plagiarisme dan buat konten Anda unik dan autentik.

4. Optimalkan Elemen SEO On-Page

Mengoptimalkan elemen SEO on-page juga penting. Ini memungkinkan perayap mesin telusur Google untuk mengidentifikasi jenis konten yang tepat. Namun, agar hal itu terjadi, Anda memerlukan beberapa hal dalam konten Anda, seperti:

  • Pastikan penggunaan kata kunci yang optimal dan kepadatan kata kunci yang tepat;
  • Menggunakan judul dan deskripsi meta yang menarik;
  • Memanfaatkan kata kunci di header, tag, dan URL;
  • Menambahkan tautan dalam dan luar;
  • Dan hindari kata kunci yang terlalu banyak.

Selain itu, penting untuk memastikan bahwa Anda menghubungkan konten Anda, terutama jika Anda memposting di situs web/blog Anda. Jika Anda memposting tamu, penting bagi Anda untuk menggunakan tautan luar untuk mengarahkan kembali ke situs web Anda.

5. Promosikan Konten Secara Efektif

Penting untuk mempromosikan konten secara efektif. Dengan kata lain, Anda harus memastikan bahwa Anda memanfaatkan bantuan dari luar untuk mempromosikan konten Anda. Ini tidak berarti posting tamu atau menggunakan bantuan dari influencer. Ini juga berarti:

  • Menggunakan metode pemasaran email;
  • Menggunakan metode pemasaran berbayar, yaitu SEM;
  • Dan menggunakan jaringan media sosial untuk meningkatkan lalu lintas.

Ini akan memastikan bahwa Anda mengumpulkan audiens target Anda dari berbagai platform. Selain itu, popularitas umum situs web Anda juga akan membantu meningkatkan otoritas domainnya. Dan selanjutnya, itu akan mempengaruhi keberadaan mesin pencarinya.

Kesimpulan

Ini adalah beberapa strategi dan tips terbaik untuk membuat konten yang digerakkan oleh SEO dan unik. Ini juga akan memastikan bahwa audiens target Anda dengan mudah menemukan situs web Anda, baik melalui saluran organik atau promosi. Oleh karena itu, mengikuti tips ini akan membantu Anda membuat konten unik yang digerakkan oleh SEO.