Home » Lainnya » 10 Ide Desain Interior Rumah Minimalis Modern dan Aesthetic

10 Ide Desain Interior Rumah Minimalis Modern dan Aesthetic

Penataan ruangan pada rumah berukuran kecil perlu diperhatikan agar setiap fungsi ruangan dapat maksimal. Agar tidak salah dalam mengatur ruangan alangkah baiknya mencari ide desain interior rumah minimalis agar mendapatkan inspirasi.

Desain interior yang bagus tidak hanya memberikan rasa nyaman kepada pemilik rumah atau tamu yang berkunjung. Akan tetapi, desain interior rumah yang bagus dan tepat juga akan memberikan suasana yang berbeda kepada pemilik rumah atau tamu.

Untuk mendapatkan ide desain interior rumah minimalis dan modern, dapat dilakukan dengan melakukan penelusuran secara online atau menghubungi jasa desain interior professional dan terpercaya.

Ide Desain Interior Rumah Minimalis Modern

Ada beberapa model desain interior yang dapat dipilih untuk membuat tampilan rumah terlihat aesthetic. Namun, model desain interior rumah yang banyak dicari umumnya adalah model minimalis dan modern.

Desain interior model minimalis adalah sebuah desain interior yang mengutamakan konsep sederhana dalam penataan ruangan, mulai dari penggunaan furniture hingga dinding ruangan semuanya terlihat simpel dengan penggunaan warna-warna soft dan netral.

Sedangkan, desain interior modern hampir sama dengan model minimalis yaitu memiliki tampilan simpel dan bersih, hanya saja desain interior modern lebih mengutamakan nuansa yang luas dan menggunakan barang yang lebih modern dari segi teknologi dan desain.

Apakah kamu sedang mencari ide desain interior minimalis dan modern? Berikut adalah beberapa ide desain interior rumah minimalis modern yang bisa dijadikan inspirasi:

1. Ruang Tamu Menyatu dengan Ruang Keluarga

desain interior ruang tamu sekaligus ruang keluarga

Penataan ruangan pada rumah kecil bisa dimaksimalkan dengan menjadikannya ruangan multifungsi, seperti menata ruang tamu dan ruang keluarga menjadi satu bagian. Adapun komponen utama yang diperlukan dalam ruangan ini adalah kursi, meja, dan televisi untuk menjamu tamu.

2. Ruang Kamar Menyatu dengan Tempat Kerja

desain interior ruang kamar menyatu dengan tempat kerja

Umumnya, rumah berukuran kecil hanya memiliki 2 kamar tidur, satu untuk kamar tidur untuk keluarga, dan satu untuk kamar tidur tamu. Khusus untuk ruang kamar tidur pribadi, bisa disatukan dengan tempat kerja atau belajar dengan menambahkan meja dan kursi kecil.

3. Ruang Keluarga Simple Tanpa Sofa

desain interior ruang keluarga tanpa kursi

Ruang keluarga adalah ruangan khusus untuk berkumpul bersama keluarga untuk beristrahat sambil menonton tv. Komponen yang ada didalam ruang keluarga seperti TV, karpet tempat tidur, kursi, dan komponen pendukung lainnya.

Namun, untuk rumah kecil penggunaan kursi biasanya ditiadakan agar tidak mempersempit ruangan sehingga keluarga lebih leluasa bergerak.

4. Ruang Dapur Menyatu dengan Ruang Makan

desain interior ruang dapur dengan ruang makan

Penataan ruang dapur dan ruang makan pada rumah kecil perlu dimaksimalkan dengan cara digabung menjadi satu ruangan.

Pada ruang dapur bisa menambahkan lemari piring sekaligus tempat memasak dan beberapa peralatan dapur lainnya.

Kemudian untuk meja makan bisa menggunakan meja yang berukuran kecil dengan empat kursi yang cukup untuk keluarga.

5. Menggunakan Teras Sebagai Ruang Tamu

Desain Ruang Tamu diluar Dengan Corak Warna Abu

Sebagian pemilik rumah minimalis memilih memanfaatkan teras sebagai ruang tamu. Selain untuk memaksimalkan penggunaan ruangan didalam rumah, juga dapat menambah keindahan rumah.

Selain kursi dan meja sebagai interior utamanya, ruang tamu diluar bisa ditambahkan beberapa komponen pendukung seperti bunga, rumput sintetic, dan komponen lainnya untuk mempercantik tampilan ruang tamu.

6. Penggunaan Warna Soft atau Netral

desain interior ruang tamu dengan warna tidak mencolok

Desain interior rumah minimalis dan modern lebih mengutamakan warna-warna netral, seperti warna hitam, putih, abu-abu, merah mudah, dan cokelat. Untuk rumah kecil biasanya mengutamakan penggunaan interior dengan warna netral agar hunian tak tampak sesak.

Selain warna interior yang menjadi pertimbangan, penggunaan peralatan yang lebih baru juga menjadi karakteristik dari desain interior modern.

7. Kamar Tidur Untuk Dua Anak

desain interior tempat tidur anak

Bagi pemilik rumah kecil dan memiliki anak kecil perlu mempertimbangkan tempat tidur anak yang minimalis agar tidak memakan tempat.

Tempat tidur anak dua lantai bisa menjadi pilihan yang tepat jika memiliki dua anak, karena dalam satu kamar tidur bisa diisi dua orang anak.

8. Dapur Gray Minimalis

desain interior dapur grey minimalis

Jika ingin menata interior dapur menjadi minimalis dan modern untuk ukuran ruangan yang kecil, maka bisa mempertimbangkan menggunakan dapur grey minimalis ini.

Dengan warna midnight grey membuat ruangan dapur lebih terlihat elegan dan mewah meskipun berada dalam ruangan yang kecil.

9. Menggunakan Gorden Minimalis Untuk Jendela

Model Gorden Minimalis untuk Pintu dan Jendela Ruang Tamu

Gorden memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari paparan cahaya sinar matahari, namun gorden juga bisa digunakan untuk mempercantik dekorasi ruang tamu.

Untuk rumah minimalis, bisa menggunakan gorden minimalis pada ruang tamu agar kelihatan elegan. Kamu juga bisa menambahkan gorden vitrase sebagai pelapis agar tetap ada pencahayaan.

10. Penempatan Rak TV di Ruang Keluarga

Penempatan Rak TV di Ruang Keluarga

Penempatan TV diruangan keluarga bisa dibuat menempel pada dinding sehingga meja dibawahnya bisa digunakan untuk menyimpan dekorasi lainnya.

Komponen interior lainnya juga perlu diperhatikan seperti gorden, meja, dan kursi yang digunakan pada ruang keluarga agar lebih nyaman berkumpul bersama keluarga.

Tips Memilih Jasa Desain Interior

Interior rumah menjadi sangat penting untuk diperhatikan bagi setiap pemilik rumah yang ingin hunian rumahnya terlihat menarik.

Untuk itu, perlu memilih bahan interior yang sesuai dengan bentuk dan model rumah. Selain pemilihan bahan interior, penataan interior juga sangat penting agar fungsi ruangan lebih maksimal.

Penataan interior rumah bisa saja dilakukan sendiri dengan melihat ide desain interior rumah terlebih dahulu. Akan tetapi, tidak yakin hasilnya akan bagus jika diatur sendiri, maka memilih jasa desain interior professional menjadi pilihan yang tepat.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa desain interior rumah sebaiknya pertimbangkan beberapa hal agar tidak salam memilih perusahaan jasa desian interior. 

Berikut adalah beberapa tips memilih jasa desain interior rumah professional:

1. Lihat Track Record Jasa Desain Interior

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memilih jasa desain interior rumah yaitu melihat reputasi atau track record perusahaan jasa desain interior tersebut. Hal itu bisa dilakukan dengan mengunjungi laman resmi atau media sosial perusahaan jasa desain interior tersebut.

Pada halaman website atau media sosial nanti akan kelihatan projek apa saja yang sudah dikerjakan dan dilengkapi dengan kumpulan portofolio. Selain itu, perhatikan juga testimoni dari pelanggan sebelumnya apakah mereka puas atau tidak dengan hasil desain interior perusahaan tersebut.

2. Perusahaan Memiliki Desainer Professional

Ada banyak perusahaan jasa desain interior yang memberikan berbagai penawaran menarik. Tetapi, mungkin tidak semua perusahaan memiliki desainer professional yang bisa menyesuaikan dengan desain interior yang diinginkan oleh client.

Olehnya itu, penting untuk memilih perusahan jasa interior yang memiliki desainer professional yang bisa menyesuaikan dengan selera atau preferensi pelanggannya.

3. Gaya Desain Sesuai yang Diinginkan

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan ketika memilih jasa desain interior rumah yaitu lihat kesesuaian gaya desain interior yang ditawarkan apakah sudah sesuai yang diinginkan atau tidak.

Untuk memudahkan desainer memahami seperti apa desain interior yang diinginkan, sebaiknya membawah beberapa contoh desain interior yang digunakan sebagai referensi.

4. Menawarkan Harga yang Masuk Akal

Harga menjadi hal yang sangat penting diperhatikan ketika memilih jasa desain interior karena hal itu berkaitan dengan anggaran yang dimiliki. Agar tidak terjadi kesalahpaham terkait penetapan harga, maka pastikan perusahaan terbuka dengan anggaran dan menyampaikan biaya-biaya yang ditetapkan.

Pastikan juga perusahaan menawarkan harga yang realistia atau masuk akal. Sebab, jika harga yang ditawarkan terlalu murah bisa saja kualitas bahan interior kurang bagus. Begitu juga ketika menawarkan harga yang mahal periksa apakah kualitasnya bagus atau tidak.

5. Perusahaan Memiliki Sistem Kerja yang Jelas

Hal yang tidak kalah penting selanjutnya dalam memilih jasa desain interior adalah perusahaan memiliki sistem kerja yang jelas. Pastikan perusahaan tersebut memiliki sistem kerja yang jelas sehingga bisa mengetahui sampai kapan estimasi waktu pengerjaan interior akan selesai.

Namun, meskipun sudah ada sistem kerja yang jelas dari perusahaan penyedia jasa desain interior. Tetapi, dalam proses pengerjaan tetap mengedepankan komunikasi yang baik agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Rekomendasi Jasa Desain Interior Murah Terbaik

Jika kamu sedang mencari jasa desain interior professional dan terpercaya di Indonesia, salah satu rekomendasi perusahaan jasa desain interior professional adalah Mirach Interior.

Mirach Interior adalah salah satu perusahaan desain interior terpercaya di Indonesia yang sudah memiliki pengalaman dan reputasi yang baik.  

Perusahaan ini menawarkan jasa desain interior untuk rumah, apartemen, hingga kantor. Beberapa kelebihan yang dimiliki antara lain bisa mendesain sesuai budget, bisa melakukan revisi, design secara online, transparansi biaya, free konsultasi, dan memberikan diskon harga.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait perusahaan Mirach Interior, dapat mengunjungi langsung website melalui mirachinterior.id atau menghubungi lewat telephone atau WhatsApp melalui nomor +62 8561144498.