Home » Pendidikan » 10 Universitas Terbaik di Dunia, Isinya Mahasiswa Jenius

10 Universitas Terbaik di Dunia, Isinya Mahasiswa Jenius

Saat ini pendidikan telah di jadikan patokan untuk meraih kesuksesan karir, tiap orang pasti ingin mengambil pilihan yang terbaik dalam setiap langkah kehidupannya, begitu juga dalam hal memilih universitas.

Untuk kamu yang bercita-cita ingin masuk di perguruan tinggi, kamu harus mempersiapkan mengenai apa yang harus di persiapkan.

Mengingat pendidikan merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi sebagian orang, bahkan beberapa dari mereka rela merogoh kocek yang jumlahnya tidak sedikit demi mendapatkan pendidikan yang berkualitas .

Namun ada beberapa hal yang harus kamu ingat, bahwa lembaga pendidikan yang akan mejadi tergetmu nantinya, pastikan lembaga pendidikan tersebut bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan hidup, agar dapat bersaing dalam kehidupan global yang makin kompetitif.

Untuk itu kami merangkum 10 kampus favorit di dunia.

1. STANFORD UNIVERSITY

Universitas Stanford atau stanford adalah universitas sawasta yang terletak kira-kira 60 km di tenggara Sanfransisco, dan kira-kira 30 km di timur laut San jous di wilayah kabupaten Santa Clara yang belum di resmikan sebagai kota.

Stanford terletak dekat kota California Amerika Serikat tepat di jantung lembah silikon baik secara geografi maupun historys.

Universitas ini dikenal dengan kekuatannya dibidang seperti sastra dan kemanusiaan, teknik, teknologi, ilmu sains, dan kedokteran.

Stanford University telah berhasil menghasilkan banyak periset kelas dunia, begitu pula para pengusaha teknologi yang memiliki pengaruh kuat pada generasi sekarang.

Di antaranya adalah Elon Musk (Tesla), Sergei Brin (Google), Peter Thiel, John Kennedy ( Mantan Presiden Amerika) dan Lary Page (Google).

2. MASSACHUSETTS INSTITUTE of TECHNOLOGY

Massachusetts Institute Of Technology atau biasa di sebut MIT. MIT didirakan pada tahun 1861 di kota Cambridge Amerika Serikat.

MIT merupakan universitas swasta yang paling menonjol dan ternbaik di dunia yang di mana walaupun tidak se populer Harvad atapun Stanford.

Kampus ini selalu menempati urutan pertama denagn penilaian sempurna dalam semua variabelnya.

Tidak hanya itu, hal luar biasa di kampus ini inovasinya terhadap sains dan teknologi.

MIT juga merupakan universitas terbaik di dunia untuk beberapa mata pelajaran termasuk arsitektur, linguistik, sains, komputer, sistem informasi, teknik, teknologi,  kimia, matematika, ekonomi dan ekonometri.

3. HARVAD UNIVERSITY, UNITED STATE

Harvad Universty merukapakan universitas swasta yang berada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat berdiri pada tahun 1636 dengan total luas wilayah kampus sekitar 2.000 hektar.

Harvad University merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua yang berada di Amerika serikat dengan latar belakang akdemik yang paling berpengaruh dan bergengsi di Amerika.

Saat ini ada lebih dari 23.000 siswa yang mengenyam pendidikan di sekolah ini. Sehingga tidak heran kampus ini sangat populer di Amerika bahkan di dunia.

Rangking universitas Amerika Serikat keluar US News tahun 2005 menempatkan Harvad di urutan pertama sebagai kampus terbaik di dunia.

Beberapa sosok yang pernah belajar di institut ini antara lain pendiri Facebook Mark Zuckerbeg dan pendiri microsoft Bill Gates.

Sebenarnya Obama dan Michelle Obama juga lulusan Harvad Univaersity, dan beberapa presiden Amerika lainnya.

4. UNIVERSITY OF OXFORD

Universitas Oxford juga di anggap sebagai universitas tertua di dunia meskipun tanggal pasti pembentukannya tidak di ketahui, di yakini awal pengajaran di sini telah terjadi sejak abad ke-11.

Saat ini Universitas Oxford memiliki 21 sarjana dan pascasarjana serta 44% diantaranya adalah mahasiswa internasional.

Universitas Oxford sangat terkenal dibidang pendidikan contohnya dibidang pendidikan geografi, arkeologi, anatomi, dan fisiologi serta sastra dan kemanusiaan.

Banyak alumni Universitas Oxford bekerja pada bidang penting dan terhormat. Baiknya employe reputation dari alumni Universitas Oxford membuat universitas ini keluar dari jajaran 10 perguruan tinggi terbaik dunia.

5. CAMBRIDGE UNIVERSTY

Cambridge Universty merupakan universitas ke-2 dalam dunia bahasa Inggris dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya dan salah satu yang paling ketat di dunia.

Banyak lulusan Cambridge yang menjadi toko penting dalam beberapa bidang ilmu seperti matematika dan politik.

Banyak juga toko ilmuwan, filsuf, aktor, dan yang merupakan alumni Cambridge University ini.

Universitas ini tumbuh dari sebuah perhimpunan sarjana di kota Cambridge, dimana kemungkinan di bentuk tahun 1209 di Inggris, oleh sarjana yang kabur dari Universitas Oxford setelah bertengkar dengan penduduk kota tersebut.

Cambridge University merupakan lembaga pendidikan yang kaya akan sejarah. Di antara murid-murid nya yang terdepan adalah Sir Isaac Newton, seorang fisikawan Inggris yang menemukan adanya hukum gravitasi.

Sejatinya Cambridge University dan Universitas Oxford telah memiliki sejarah kompetisi yang lama satu sama lain dan di pandang luas sebagai Universitas paling elit dan bergengsi di Britania Raya bahkan dunia.

6. ETH ZURICH

Didirikan pada tahun 1854 oleh pemerintah federal Zurich Swiss, Universitas sains dan teknologi ini telah menjadi pusat pengetahuan dan inovasi.

ETH Zurich memiliki sekitar 500 profesor dan 20.000 siswa dari 120 negara. Di antara mantan mahasiswa Universitas tersebut adalah Albert Einsten.

ETH Zurich merupakan salah satu universitas paling terkemuka di Swis. Berdasarkan pemeringkatan QS, ETH Zurich berhasil masuk 10 besar universitas terbaik di dunia.

Bahkan ETH Zurich menduduki peringkat ke-2 terbaik di eropa setelah Universitas of Oxford yang berada di peringkat ke lima.

7. CALIFORNIA INSTITUTE OF TECHNOLOGY (CALTECH)

Californis Intitute of Technology adalah sebuah universitas swasta yang terletak di Pasadena California Amerika Serikat.

CALTECH didirikan sebagai sebagai sekolah kejuruan pada tahun 1891 dan mulai menarik para ilmuwan berpengaruh.

Di awal abad ke-20 kemudian sekolah kejuruan di bubarkan pada tahun 1910 dan perguruan tinggi tersebut mengambil nama sebagai California Institut Technology pada tahun 1920.

Universitas ini merupakan universitas paling terkemuka dalam riset, CALTECH mempertahankan penekanan kuat dalam ilmu alam dan teknik.

Pada tahun 1934 CATECH terpilih sebagai anggota asosiasi Universitas Amerika. Pendahulunya JET Propu Laboratori NASA yang terus di kembangkan dan di operasikan CALTECH yang berjaya antara 1936 sampai 1943 di bawah Teodor for Karman.

8. UNIVERSITY COLLEGE LONDON (UCL)

University College London atau biasa di singkat (UCL) merupakan perguruan tinggi riset publik di London Inggris, dan perguruan tinggi konstituante dari federasi perguruan Universitas Lodon.

Universitiy College London merupakan salah satu perguruan tinggi paling bergengsi yang ada di dunia.

Kampus ini memiliki beragam di siplin ilmu, serta reputasi internasional dalam pengajaran dan penelitian berkuliatas.

Kampus ini juga merupakan lembaga pendidikan tinggi terbesar yang berada di area London dan institusi pasca sarjana terbesar yang berada di Inggris.

Didirikan pada tahun 1826 sebagai universitas London, UCL adalah lembaga pertama terlepas dari agama dan menerima perempuan atas dasar kesetaraam jender.

Pada umumnya ide-ide radikal tentang pendidikan dan masyarakat adalah inspirasi bagi pendirinya, meski keterlibatan langsung dalam perencanaan cukup terbatas.

Tahukah kamu, kampus ini memiliki kebanggan terhadap para alumninya, sebab ada 29 pemegang hadiah nobel merupakan lulusan dari kampus ini dalam satu dekade sejak berdirinya hadiah nobel tahun 1901.

9. UNIVERSITY OF CHICAGO

University of Chicago atau yang biasa di singkat U-Chicago merupakan Universitas swasta yang terletak di tepi danau Michigan dikota Chicago Illinois Amerika serikat.

Universitas Chicago didirikan oleh seorang pengusaha minyak bernama John Davision Rockefeller pada tahun 1890.

Universitas Chicago  di kenal sebagai salah satu kampus riset swasta yang konsisten dalam hal peringkat Universitas dunia, Jebolan universitas ini menghasilkan banyak mahasiswa terkenal, misalnya para miliader dan para ilmuwan Rhodes yang sangat terhormat.

Universitas Chicago juga memiliki kampus-kampus tambahan salah satunya berada di London, Paris, Beijing, Delhi, dan hongkong.

Para mahasiswa, alumni dan dosen Universitas Chicago telah mamainkan peranan penting dalam sistem pengembangan banyak disiplin akademik termasuk ekonomi, hukum, sastra, matematika, agama, sosiologi, dan ilmu politik.

10. IMPERIAL COLLAGE LONDON

Imperial Collage London didirikan oleh Royal Charter pada tahun 1907. Universitas ini mmiliki ke unikan tersendiri pasalnya universitas ini memberikan fokus utama pada sains, teknologi, teknik, kedokteran dan bisnis.

Kampus utamanya terletak di South Kengsington daerah yang di kenal sebagai ‘Albertopolis’, dimana Pengeran Albert dan Sir Henry Cole bervisi dalam kesinambungan sains dan sastra.

Imperial Collage London memiliki berbagai jurusan dari berbagai bidang yang telah disebutkan diatas, Imperial Collage London selalu masuk dalam 5 besar terbaik dari seluruh kampus di Inggris.

Itulah 10 deretan Universitas terkenal di dunia yang tentu saja tidak sembarang orang bisa masuk di sana.

Namun perlu kamu catat dimana pun kamu menempuh pendidikan, yang menentukan apakah kamu akan sukses ataupun tidak sukses, bukanlah kampus tempat kamu menempuh pendidikan tinggi, melainkan kerja keras dan usahamu sendiri.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments