Home » Teknologi,Website » 3 Cara Login WhatsApp Web Secara Otomatis, Simak Langkahnya!

3 Cara Login WhatsApp Web Secara Otomatis, Simak Langkahnya!

Cara login WhatsApp web secara otomatis tanpa scan QR Code berkali-kali sangat mudah dilakukan. Jadi, bagi Anda yang banyak beraktivitas dengan komputer, dapat menggunakan cara ini agar tetap terhubung dengan WhatsApp tanpa harus membuka smartphone setiap ingin menggunakannya.

Untuk terhubung dengan WhatsApp, pengguna dapat mengakses WhatsApp melalui aplikasi mobile dan desktop. Untuk versi desktop sendiri terdapat dua cara yaitu melalui WhatsApp Web Desktop dan Web Browser. Namun, kedua cara tersebut sama saja untuk mengakses WhatsApp.

Kebanyakan pengguna yang sering beraktivitas dengan komputer dan biasanya ingin mengirim file melalui WhatsApp lebih memilih mengakses lewat WhatsApp Web. Karena cara ini di anggap lebih praktis daripada melalui smartphone.

Pasalnya, ketika ingin mengirim file dari komputer lewat smartphone ke WhatsApp, harus memindahkannya terlebih dahulu ke handphone. Sehingga untuk mengirim file butuh waktu yang lebih lama.

Nah, solusi bagi Anda yang suka mengirim file atau tetap ingin terhubung dengan WhatsApp tanpa harus membuka handphone berkali-kali, yaitu login dan gunakan WhatsApp Web.

Apa itu WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja melalui pesan teks, panggilan suara, panggilan video, dan fitur lainnya.

Aplikasi WhatsApp pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 oleh Jan Koum dan Brian Acton. Aplikasi ini kemudian akuisisi oleh Facebook pada tahun 2014.

WhatsApp sangat populer di seluruh dunia karena fiturnya yang mudah digunakan, gratis, dan tersedia untuk hampir semua platform seperti Android, iOS, dan Windows.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan mudah dan efisien dengan teman dan keluarga mereka di seluruh dunia tanpa biaya tambahan seperti tarif panggilan internasional atau biaya pengiriman SMS.

Selain itu, WhatsApp juga menawarkan berbagai fitur seperti panggilan suara dan video, group atau komunitas, Chatbot, WhatsApp Web, fitur privasi, dan layanan bisnis.

Fitur Aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan mudah. Beberapa fitur utama dari WhatsApp antara lain:

  1. Pesan Teks: Pengguna dapat mengirim dan menerima pesan teks secara instan melalui aplikasi WhatsApp.
  2. Panggilan Suara dan Video: WhatsApp memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara dan video ke pengguna WhatsApp lainnya.
  3. Pesan Suara: Pengguna dapat merekam pesan suara dan mengirimkannya ke pengguna lain melalui aplikasi WhatsApp.
  4. Berkirim Pesan dalam Grup: Pengguna dapat membuat grup dan berkomunikasi dengan beberapa orang sekaligus melalui aplikasi WhatsApp.
  5. Berkirim Pesan Secara Otomatis: Pengguna dapat membuat pesan otomatis untuk membalas pesan yang diterima saat tidak bisa membalas langsung.
  6. Berkirim Pesan Bergerak: Pengguna dapat mengirim pesan dengan animasi seperti stiker, gif, dan emoji.
  7. Kirim File: Pengguna dapat mengirim file seperti foto, video, dokumen, dan lain-lain melalui aplikasi WhatsApp.
  8. Fitur Privasi: Pengguna dapat mengatur tingkat privasi akun dan pesan mereka melalui pengaturan aplikasi WhatsApp.
  9. WhatsApp Web: Pengguna dapat mengakses aplikasi WhatsApp melalui browser web pada komputer mereka.
  10. Status: Pengguna dapat membagikan status yang berisi foto atau video singkat yang akan hilang setelah 24 jam.
  11. Layanan Bisnis: WhatsApp menyediakan fitur bisnis yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui aplikasi WhatsApp.

Cara Login WhatsApp Web Otomatis

Untuk mengakses WhatsApp Web melalui komputer, Anda dapat mengaksesnya melalui aplikasi browser. Ada beberapa browser yang bisa Anda gunakan seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dll.

Namun, perlu diketahui bahwa untuk terhubung dengan WhatsApp Web untuk pertama kali, WhatsApp di smartphone harus aktif dan memiliki koneksi internet yang stabil.

Berikut adalah cara login WhatsApp Web otomatis:

  • Buka salah satu aplikasi browser yang ada di komputer Anda.
  • Kunjungi WhatsApp Web melalui link https://web.whatsapp.com/.
  • Selanjutnya, akan muncul scan QR code pada layar komputer Anda.
  • Checklist “Keep me signed in” dibawah kode QR.
  • Sekarang, buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda.
  • Pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih menu Perangkat Tertaut.
  • Klik Tautkan Perangkat lalu pindai kode QR yang ada di komputer Anda.
  • Jika berhasil melakukan scan QR, maka secara otomatis akan login ke WhatsApp Web.

Jika sudah berhasil login ke WhatsApp Web, nantinya tidak perlu melakukan log out agar tetap terhubung dan tidak perlu melakukan scan QR Code berkali-kali. Akan tetapi, jika Anda membukanya bukan menggunakan komputer pribadi sebaiknya lakukan log out.

Cara Login WhatsApp Web Desktop

Cara selanjutnya untuk terhubung melalui WhatsApp web yaitu melalui aplikasi desktop. WhatsApp web versi desktop dapat Anda unduh di Micrtosoft Store.

Berikut adalah cara login WhatsApp Web melalui aplikasi desktop:

  • Kunjungi laman web https://www.whatsapp.com/download.
  • Klik logo Microsoft yang ada di pilihan WhatsApp web destop.
  • Selanjutnya, akan dialihkan ke Microsoft Store.
  • Klik “Download” atau “Install” untuk menginstall aplikasi.
  • Tunggu beberapa menit hingga proses install berhasil.
  • Jika berhasil, klik tombol “Open”.
  • Sekarang, Scan QR Code di komputer Anda.
  • Setelah berhasil login, WhatsApp web secara otomatis akan terbuka.

Cara Login WhatsApp Web dari Jarak Jauh

Seperti yang diketahui bahwa WhatsApp Web memungkinkan untuk login dari jarak jauh. Sehingga ketika Anda lupa membawah handphone maka Anda tetap bisa terhubung dengan WhatsApp.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa cara ini hanya berlaku jika sebelumnya sudah pernah menautkan melalui scan QR tanpa melakukan log out.

Jadi, perlu diingat bahwa kita harus tetap terhubung terlebih dahulu dengan WhatsApp yang ada di smartphone. Nanti setelah berhasil menautkan perangkat baru bisa login WhatsApp web dari jarak jauh.

Adapun cara yang digunakan sama saja dengan dua cara diatas, berikut langkah-langkahnya.

  • Buka link WhatsApp web melalui browser atau membuka yang versi desktop.
  • Akan tampil QR Code untuk Anda scan.
  • Centang pada opsi “Keep me signed in” tepatnya dibawah QR code.
  • Scan QR Code dengan membuka menu settings, lalu pilih tautkan perangkat.
  • Secara otomatis terhubung dengan WhatsApp web.

Setelah Anda berhasil login ke WhatsApp web, nantinya Anda tidak perlu melakukan log out agar tetap terhubung. Dengan begitu, Anda bisa membuka WhatsApp dari jarak jauh tanpa terhubung dengan handphone.

Kesimpulan

WhatsApp Web sangat cocok bagi pengguna yang sering beraktivitas dengan komputer namun tetap ingin terhubung dengan WhatsApp untuk melihat pesan masuk, mengirim pesan atau file.

Dengan mengetahui cara login WhatsApp Web secara otomatis, maka Anda tetap bisa terhubung dengan WhatsApp tanpa harus melakukan scan QR code barkali-kali.