Home » Internet » 10+ Situs Survey Online Gratis Serta Fitur Yang Dimiliki

10+ Situs Survey Online Gratis Serta Fitur Yang Dimiliki

Daftar Isi

Apa itu Survey?

Survey merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden pada sebuah riset. Seperti kita ketahui bahwa sebelum adanya aplikasi survey online, kegiatan survey dilakukan dengan menggunakan selebaran kertas yang diberikan kepada responden.

Namun, cara tersebut dirasa kurang efektif dan efisien, karena membutuhkan biaya dan waktu untuk membagikan lembar kuisioner tersebut kepada responden.

Dengan kehadiran Internet dan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, sehingga mampu mengatasi permasalahan yang dialami untuk melakukan survey dengan mudah.

Seperti halnya teknologi yang dikembangkan oleh perusahan besar seperti Google, dimana perusahaan tersebut mengembangkan aplikasi khusus untuk survey, dimana bisa diakses secara online oleh penggunanya yaitu Google Forms.

Kehadiran Google Forms dapat membantu seorang dosen, guru, dan atau peneliti untuk membuat form survey, dan menyebarkan kepada responden melalui internet, sehingga dapat menjangkau responden yang lebih luas.

Selain aplikasi Google Forms yang biasa digunakan untuk membuat survey online, tentu ada beberapa aplikasi lain yang cocok untuk Anda gunakan.

Nah, pada artikel ini penulis akan menguraikan beberapa aplikasi survey online untuk melakukan survey online.

Aplikasi Survey Online

Berikut ini beberapa daftar situs yang dapat Anda gunakan untuk membuat form survey online.

1. SurveyMonkey

Pertama SurveyMonkey yang merupakan aplikasi survey online yang dapat digunakan secara gratis. Meskipun ada yang gratis, website ini juga menyediakan beberapa paket untuk menggunakan beberapa fitur yang sesuai kebutuhan Anda, paket yang disediakan seperti Individual Advantage, Team Advavantage, dan Team Premier.

SurveyMonkey juga menyediakan beberapa template yang dapat Anda gunakan antara lain customer satisfaction, employee angagement, market research, event planning, education and schools, healthcare.

2. Zoho Survey

Zoho adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk surve online. Hasil yang diperoleh dapat Anda lihat dalam bentuk tampilan grafis secara real-time. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 25 jenis pertanyaan dan berbagai fitur seperti logika skip dan piping.

Salah satu fasilitas yang diberikan kepada penggunanya yaitu perlindungan SSL, fasilitas tersebut untuk memastikan daya survey tetap aman dan rahasia.

Fitur yang disediakan aplikasi survey ini antara lain crateing surveys, keamanan, analyzing reports, personalisasi, sending surveys, kolaborasi, integrasi, collecting responses, dan seluler. Aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 200 template, mulai dari pendidikan, layanan kesehatan, bisnis, pemerintah dan politik, umpan balik pelanggan, dan lain-lain.

3. FormsApp

FormsApp adalah salah satu aplikasi yang bisa menjadi pilihan untuk membuat survey online Anda. Karena dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat survey online yang praktis dan cepat, bahkan bisa Anda gunakan secara gratis.

Beberapa fitur yang disediakan yaitu interface yang mudah digunakan, drag dan drop untuk mengubah urutan pertanyaan, manajemen kuota, tata letak tampilan pengisian survey yang interaktif, kustom URL, manajemen skor, logic, pembatasan lokasi, dan bisa di integrasikan dengan berbagai aplikasi pihak ketiga.

Template yang disediakan antara lain survey kepuasan karyawan, riset pasar, kepuasan klien, umpan balik produk, kuisioner web, dll.

4. SurveyHeart

Keempat SurveyHeart, aplikasi ini dikembangkan oleh team yang berasal dari Negara India. Dikutip dari situs resminya, aplikasi ini melayani pengguna secara efisien dalam pembuatan formulir dengan UX dan UI yang sederhana dan praktis.

SurveyHeart menyediakan beberapa jenis form yang dapat digunakan. Selain itu, beberapa fitur yang dimiliki seperti Survey Builder, Templates, Preview Survey, Offline form builder, Instant Notifications, Summarised Responses, Themes, dan Export record.

5. Brew Survey

Brew Survey merupakan aplikasi pengumpulan data dan suvey seluler untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan dan melakukan riset pasar. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu dapat Anda gunakan secara offline.

Untuk menggunakan fitur yang disediakan, tersedia dua jenis paket yaitu Growth dengan biaya perbulan sebesar $29 dan paket Business $49 perbulan. Namun sebelum Anda berlangganan, Anda juga bisa mencoba menggunakan dengan free pada versi trial.

6. SurveyApp

SurveyApp adalah aplikasi survey yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan seperti survey pelanggan, riset pasar, melakukan audit, dan lain-lain. Seperti halnya aplikasi survey lainnya, data yang dikumpulkan dapat dilihat secara real-time.

Untuk paket yang disediakan tersedia tiga paket yaitu essentials, popular, dan enterprise. Namun, tersedia juga versi gratis, jadi sebelum membeli paketnya, Anda bisa mencobanya dalam versi free.

7. Google Forms

Ketujuh Google Forms, siapa sih yang tidak kenal aplikasi yang satu ini, aplikasi ini dikembangkan oleh perusahan raksasa dunia yaitu Google. Teknologi Google Forms dihadirkan kepada pengguna untuk tujuan survey secara online.

Kehadiran aplikasi yang satu ini dapat membantu para peneliti, dosen, guru, atau perorangan untuk membuat form survey, membuat quiz online, form pendaftaran, dan lain-lain.

Kemudahan menggunakan aplikasi ini, membuat pilihan tepat bagi Anda yang baru ingin memulai membuat form survey online.

Kemudahan yang diberikan antara lain tersedia template khusus untuk survey, drag dan drop pertanyaan, menyediakan data responses, kustom URL, rekap data spreadsheet, dan berbagai fitur lainnya.

8. Typeform

Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan yang berasal dari Negara Spanyol. Fokus perusahaan yang berspesialisasi dalam pembuatan formulir dan survey online.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 2012 yang didirikan oleh Robert Munoz dan David Okuniev sekarang ini memiliki karyawan sekitar 300 orang.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini hanya dengan tiga langkah yaitu Create, Share, dan Get Results.

Form yang sudah Anda buat, dapat Anda share dengan mengembed ke dalam website Anda, membagikan melalui email, dan membagikan link ke media sosial lainnya.

Disamping itu, respon dari pengguna dapat Anda sinkronisasikan dengan berbagai aplikasi seperti Google Sheet, Zafier, Google Analytics, dan aplikasi pihak ketiga lainnya.

9. Survicate

Survicate merupakan aplikasi survey yang dikembangkan dari Negara Polandia. Fitur yang disediakan antara lain Email and Link Surveys, Net Promoter Score, Website Surveys, Web App Surveys, Mobil App Surveys, Intercom Messenger Surveys, Feedback Hub, dan Feedback Button.

Aplikasi Survicate dapat Anda integrasikan dengan beberapa aplikasi pihak ketiga seperti Intercom, HubSpot, ActiveCampaign, Klaviyo, Segment, Google Analytics, dan lain-lain.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa gunakan secara free. Namun, untuk menggunakan berbagai fitur yang powerfull, tersedia beberapa paket yaitu Basic, Essential, Professional, dan Ultimate.

10. Formsite

Formsite adalah layanan yang dapat Anda gunakan untuk membuat formulir web, survey yang berkualitas dan professional tanpa memahami pemrograman.

Layanan ini didirikan pada tahun 1998 yang beralamat di Downers Grove, Illinois, Amerika Serikat.

Beberapa fitur andalan layanan ini seperti share account dengan sub-users, membuat multiple page forms, mengatur tampilan forms, embed forms di berbagai halaman, mengkalkulasikan nilai dan score dengan form fields, dan berbagai fitur lainnya.

Disamping fiturnya yang menarik, juga menyediakan template khusus untuk bisnis, marketing, kesehatan, pendidikan, pemerintahan, entertainment, travel, dan lain-lain.

Selain itu, Anda dapat mengintegrasikan dengan berbagai aplikasi pihak ketiga seperti Amazon S3, OneDrive, Google Docs, Google Drive, dan aplikasi pihak ketiga lainnya.

11. LimeSurvey

LimeSurvey adalah aplikasi web survey online yang tersedia secara gratis dan open source.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Carsten Schmitz dan LimeSurvey Team menggunakan bahasa PHP dan didistribusikan di bawah GNU General Publik License.

Layanan ini merupakan solusi untuk berbagai bidang seperti customer surveys, market researchers, students, dan university.

Fitur yang dimiliki terdapat 28 jenis pertanyaan dan 80+ pilihan bahasa.

Untuk menggunakan aplikasi ini tersedia beberapa paket antara lain paket Free untuk 25 responses perbulan, Basic untuk kebutuhan 1000 responses perbulan, Expert dengan kebutuhan 10000 responses per tahun, dan Enterprise untuk kebutuhan 100000 responses per tahun.

Itulah beberapa aplikasi survey yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan survey. Selain aplikasi yang sudah diuraikan diatas tentu ada masih banyak aplikasi survey lainnya yang bisa Anda gunakan seperti KwikSurveys, Survey Nuts, Survey Planet, Survey Legend, dan lain-lain.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments