Home » Teknologi » 4 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot

4 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot

Cara mengatasi HP Android lemot – HP Android yang lemot tentunya akan membuat Anda sangat kesal karena akan mengganggu segala aktivitas sehari-hari.

Tak heran banyak yang mencari cara mengatasi Android lemot agar tetap bisa digunakan dengan lancar untuk menunjang aktivitas rutin sehari-hari.

Sebenarnya Anda bisa melakukan beberapa cara agar Android yang sudah lemot bisa berjalan dengan lancar kembali.

Biasanya, masalah ini sangat umum ketika Android telah digunakan selama beberapa tahun. Hal ini cukup mengganggu, apalagi saat kita membutuhkan HP Android untuk kebutuhan atau aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui cara menghadapinya.

Cara Mengatasi HP Android Lambat

Saat HP Android lemot, sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab utamanya. Namun jika Anda bingung apa penyebabnya, Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi HP Android lemot berikut ini:

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara mengatasi Android lemot bisa dilakukan dengan menyesuaikan kapasitas penyimpanan internal dan RAM. Anda hanya perlu menghapus aplikasi di Android yang jarang Anda gunakan atau tidak digunakan sama sekali.

Hal ini akan mengurangi penggunaan memori internal yang besar dan dapat membuat Android Anda berjalan dengan lancar kembali.

Karena terkadang pengguna Android tanpa diketahui meninggalkan aplikasi tertentu dalam keadaan terinstal padahal tidak pernah digunakan.

Jika Anda adalah orang yang sibuk, mungkin saja aplikasi yang tidak terpakai lupa untuk dihapus. Jadi mulai sekarang saat Android lemot, Anda harus memilih aplikasi apa saja yang tidak pernah digunakan lalu menghapusnya.

2. Instal Aplikasi Perlindungan

Nah, tidak salah jika ingin melindungi Android dari risiko virus yang bisa menempel pada file yang berasal dari internet. Namun kesalahan yang harus Anda hindari adalah tidak menginstal lebih dari satu aplikasi antivirus.

Karena akan menyebabkan Android kamu menjadi lemot karena kapasitas penyimpanan internal yang digunakan semakin besar.

Apalagi aplikasi antivirus biasanya berjalan di background dan tentunya akan memakan RAM yang cukup besar.

Instal saja salah satu antivirus terbaik untuk menangani ponsel Android yang lambat. Selain itu, kinerja Android akan lebih lancar untuk penggunaan sehari-hari.

3. Memperbarui Sistem Secara Teratur

Hal ini mungkin sangat jarang disadari oleh sebagian besar pengguna Android, yaitu secara rutin mengupdate sistem smartphone.

Biasanya developer secara berkala akan memberikan update sistem untuk smartphone yang Anda gunakan.

Tujuan dari update ini tentunya untuk meningkatkan performa Android dan juga meningkatkan keamanan. Jika Anda belum pernah melakukan pembaruan sistem Android, itu bisa sangat lambat.

Karena sistem yang digunakan dianggap sudah sangat ketinggalan jaman atau versi lama dan sudah tidak layak pakai lagi.

Update sistem Android Anda secara berkala atau jika ada notifikasi agar performa tetap baik. Dengan mengupdate sistem di HP Android, Anda bisa mengatasi Android yang lemot agar bisa digunakan kembali dengan lancar.

4. Bersihkan Cache Secara Berkala

Bagi Anda yang belum tahu cache, ini adalah data sementara yang dibuat oleh aplikasi di Android. Adanya cache ini akan mempermudah proses pembukaan aplikasi karena sudah ada data yang tersimpan sebelumnya.

Namun perlu diperhatikan, menyimpan cache yang terlalu lama juga berdampak sangat buruk pada kinerja Android Anda. Cache yang tidak pernah dibersihkan akan memakan kapasitas penyimpanan internal yang sangat besar.

Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan cache atau membersihkan file cache dari Android. Tenang saja, menghapus cache tidak akan menghilangkan data utama karena sifat cache ini adalah data sementara yang bisa langsung diregenerasi.

Demikian ulasan tentang Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot yang dilansir dari kompak.or.id dan semoga bermanfaat.