Home » Tutorial » 8 Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang

8 Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang

Bagaimana cara mengatasi sinyal HP Android yang hilang seperti Samsung, OPPO dan Xiaomi?

Saat Anda sedang melakukan panggilan atau bahkan bermain media sosial, tiba-tiba terputus karena kehilangan sinyal secara tiba-tiba, yang sangat mengganggu.

Ada banyak penyebab hilangnya sinyal ponsel, seperti masuk air, menabrak sesuatu, atau bahkan kehilangan sinyal secara tiba-tiba tanpa alasan dan menjadi tidak stabil.

Hampir semua jenis smartphone Android bahkan iPhone pun bisa mengalami hal yang sama.

Saat sinyal ponsel hilang, koneksi data internet akan otomatis terputus (jika Wi-Fi tidak digunakan).

Buat sambungan telepon dan kirim pesan teks.

Kalaupun ada kondisi sinyal kadang tidak stabil kadang bisa kewalahan. Ini akan menyebabkan ponsel menjadi panas, sehingga menghabiskan daya baterai.

Karena apa? Perangkat keras penyetelan sinyal harus bekerja ekstra untuk menstabilkan dan memperkuat kondisi jaringan.

Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang

1. Restart HP

Jika Anda tiba-tiba kehilangan sinyal, coba mulai ulang ponsel Anda.

Matikan dan mulai ulang sistem, sehingga ponsel Anda dapat menyegarkan jaringan sinyal.

2. Gunakan Mode Pesawat

Anda dapat menggunakan mode pesawat untuk memperkuat dan menstabilkan jaringan data atau meningkatkan kekuatan sinyal ponsel yang lemah.

Coba aktifkan mode penerbangan, lalu matikan lagi, lalu sistem akan me-refresh seluruh proses jaringan data dan penangkapan sinyal seluler.

3. Cek Pengaturan jaringan

Coba periksa mode jaringan di pengaturan, Anda dapat mencoba menemukan jaringan secara manual dari menu pengaturan.

Atau pastikan mode otomatis aktif, buka pengaturan lalu pilih dan cari jaringan (koneksi), lalu pilih mode WCDMA/GSM otomatis.

Untuk memastikan kartu bisa berfungsi coba anda cek pada slot sim card dari nomor 1 dipindah pada slot nomor 2, dan sebaliknya.

4. Cek Kartu SIM

Coba keluarkan kartu SIM dan pinjam ponsel teman, masukkan kartu ke perangkat lain.

Apakah ini masalah kartu atau masalah sistem telepon?.

5. Coba Pindah Tempat

Jika Anda mengalami sinyal ponsel yang tidak stabil atau hilang, silakan coba pindah dari tempat duduk Anda ke lokasi dengan sinyal yang lebih baik.

Jangan letakkan penghalang sinyal, seperti dinding gedung atau di antara gedung-gedung tinggi, jika tidak, mungkin karena Anda dekat dengan perangkat elektronik yang akan mengganggu penangkapan sinyal.

6. Reset ulang HP

Jika Anda telah menyelesaikan semua langkah di atas, tetapi ponsel Anda masih tidak ada sinyal, silakan coba untuk mengatur ulang pengaturan sistem dan jaringan.

Anda dapat melakukan reset pabrik, fungsinya untuk mengembalikan sistem yang bermasalah dan pengaturan jaringan ke keadaan default pabrik.

7. Flashing Ulang

Ada masalah dengan firmware, dan salah satu file hilang, yang menyebabkan sistem berjalan tidak stabil dan memengaruhi pengoperasian aplikasi ponsel.

Jika sinyal ponsel anda hilang, Anda bisa memperbaikinya dan juga Anda bisa menyelesaikan proses flashing dengan melalui ROM resmi yang sudah di rekomendasikan oleh produsen ponsel.

Jangan mem-flash firmware HP secara paksa dengan ROM khusus yang tidak didukung, jika tidak, beberapa fungsi dan menu tidak akan berjalan dengan lancar.

Khususnya bagi Anda pengguna smartphone samsung jika ingin melakukan flashing ulang, untuk mendapatkan firmware lengkap, Anda dapat mendapatkannya melalui situs samsung galaxy firmware.

8. Ganti Hardware

Trik terakhir untuk mengatasi sinyal yang hilang adalah dengan memeriksa dan mengganti komponen tuning sinyal dan perangkat keras terkait lainnya.

Bawa ke tukang reparasi terdekat.Selain murah tidak ada resiko merusak part lain.Bila coba perbaiki sendiri juga bergaransi.

Demikian pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sinyal HP hilang, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *