Home » Tutorial » Cara Menjadi Blogger dan Menghasilkan Uang

Cara Menjadi Blogger dan Menghasilkan Uang

Daftar Isi

Salah satu profesi yang bisa menghasilkan uang dan tidak terikat dengan aturan dan waktu ialah Blogger. 

Menjadi seorang blogger dapat dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja yang ingin menggelutinya.

Ya, profesi blogger sangat digandrungi oleh anak milenial atau generasi z yang suka berbagi pengetahuan dengan cara menulis lewat platform blog.

Tidak tanggung-tanggung seorang blogger bisa menghasilkan uang jutaan hingga ratusan juta per bulan sebagai blogger.

Yang menjadi pertanyaan bagaimana dan darimana seorang blogger bisa menghasilkan uang.

Berikut kami berikan ulasan darimana dan bagaimana seorang blogger menghasilkan uang di Internet.

Namun, sebelum kita membahas itu, sebaiknya apa yang harus dilakukan blogger pemula untuk memulai ngeblog.

Apa yang harus dilakukan blogger pemula?

Sebelum Anda mencari tau bagaimana menghasilkan uang dari blog, sebaiknya pahami dahulu apa yang harus dilakukan sebagai seorang blogger pemula.

1. Menentukan Ide atau Konsep

Sebagai blogger pemula yang perlu dilakukan yaitu menentukan ide atau konsep yang akan dibahas pada blognya nanti.

Kalau istilah bloggernya disebut dengan “niche” dimana memiliki maksud tentang topik apa yang akan dibahas.

Pemilihan topik yang akan dibahas sangat penting, karena hal inilah yang akan menentukan target pengunjung atau pembaca di blog Anda nantinya.

2. Menentukan Platform Blog

Setelah Anda menentukan topik yang akan dibahas pada blog Anda nantinya. Selanjutnya kamu harus membuat blog menggunakan platform blog.

Biasanya dalam membuat blog ada dua platform yang sering digunakan seorang blogger. Ya, platform itu ada Blogger dari google dan platform WordPress.

Keduanya bisa digunakan untuk membuat sebuah blog. Namun, kamu harus mempertimbangkan ketika kamu ingin menggunakan salah satu dari platform tersebut.

Misalnya, kalau kamu memilih platform blogger yang kamu butuhkan hanya akun email dari gmail. Dengan begitu, kamu sudah bisa membuat alamat blog kamu sendiri secara gratis.

Akan tetapi, jika kamu ingin terlihat professional di calon pengunjung blog kamu. Kamu perlu mengubah alamat domainnya menjadi Top Level Domain seperti .com, .id, .net, dsb.

Sebaliknya, jika kamu menggunakan platform WordPress. Kamu bisa mengubah dan melakukan perubahan sesuai yang kamu inginkan.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan WordPress, selain untuk blog, kamu juga bisa menggunakannya untuk kebutuhan lain seperti company profile, web berita, bisnis, dsb.

Akan tetapi, untuk menggunakan platform yang satu ini. Kamu harus mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Pasalnya, kamu perlu membeli domain dan hosting yang harganya bisa ratusan ribu hingga jutaan per tahun.

Namun, WordPress juga tersedi versi gratis. Jadi kalau kamu belum cukup dana kamu bisa menggunakan versi yang gratis.

3. Mulai Menulis Dengan Riset Keyword

Dalam hal menulis, seorang blogger pemula sebaiknya melakukan riset kata kunci terlebih dahulu terkait apa yang sering dicari di Internet.

Dengan begitu, kamu memiliki target pembaca artikel kamu nantinya. Untuk melakukan riset keyword kamu bisa menggunakan tols riset seperti google trends, ahrefs, ubersuggest, semrush, dsb.

Namun, jika kamu tidak punya dana untuk berlangganan tols. Kamu bisa memanfaatkan google search saja dari google search console.

Kemudian, paling penting dalam penulisan artikel. Kamu harus memperhatikan teknik SEO agar artikel yang kamu buat bisa masuk di halaman pertama google search, sehingga besar peluang kamu bisa menghasilkan trafik pengunjung ke blog kamu.

4. Membangun Relasi atau Mempromosikan Artikel

Artikel yang sudah kamu buat tentu harapannya dapat dibaca oleh pembaca. Nah, agar lebih cepat sampai ke pengunjung. Kamu bisa membagikan link artikel kamu kepada kelompok komunitas kamu.

Hal itu, dapat kamu lakukan dengan mempromosikannya lewat media sosial kamu seperti facebook, twitter, instagram, whatshapp, telegram, youtube, dan sebagainya.

Cara ini dapat kamu lakukan ketika belum pengunjung blog kamu belum maksimal dari pencarian mesin pencari ya.

Akan tetapi, kamu harus mempertimbangkan di group apa saja yang perlu dibagikan. Karena jangan sampai Anda share di group, ternyata ada orang jahil dengan mengunjungi blog kamu dengan cara yang tidak baik.

Sehingga bisa menyebabkan blog kamu terkena spam atau bahkan sampai di banned oleh google.

Oke, jadi hal-hal yang perlu dilakukan oleh blogger pemula seperti yang disebutkan di atas sangat disarankan. Jika menurut kamu masih ada yang perlu ditambahkan, kamu bisa berikan saran pada kolom komentar.

Berapa lama blog bisa menghasilkan uang?

Saya yakin, Anda pasti tidak sabar ingin mengetahui bagaimana menghasilkan uang dari blog. Akan tetapi sebelumnya saya ingin memberikan gambaran berapa lami sih baru bisa menghasilkan uang dari blog.

Sebenarnya untuk menghasilkan uang dari blog sangat mudah jika blog kamu trafik atau pengunjungnya sudah banyak.

Jika kamu konsisten menulis paling tidak tiga bulan sudah bisa menghasilkan ya. Ini menurut pengalaman pribadi saya. Akan tetapi, setiap orang pastinya punya pengalaman yang berbeda-beda.

Lantas dari mana seorang blogger menghasilkan uang, berikut Anda simak pembahasannya.

Darimana blogger mendapatkan uang

Berprofesi seorang blogger dapat menghasilkan cuan dengan berbagai cara. Beberapa diantaranya telah dirangkum sebagai berikut.

1. Publisher

Salah satu target utama seorang blogger ketika mulai terjun ke dunia blog yaitu ingin menjadi publisher google adsense.

Ya, dengan menjadi publisher google adsense besar harapan agar menghasilkan uang dari iklan yang muncul di blog.

Akan tetapi, seperti yang di katakan sebelumnya bahwa dalam menulis artikel harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu agar pengunjungnya tertarget.

Selain menjadi partner publisher google adsense, kamu juga bisa mencoba menjadi partner publisher media lain seperti MGID, Adsterra, dan sebagainya.

2. Content Placement

Cara yang satu ini dapat dilakukan apabila trafik blog kamu sudah besar. Karena jika pengunjung blog kamu sudah banyak tentu banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya orang akan tertarik memposting artikelnya di blog kamu.

Biasanya orang tertarik memasang artikelnya di blog kamu itu karena trafiknya besar.

Orang yang tertarik melakukan guest post di blog orang lain, mereka akan membayar Anda dengan harga yang lumayan per artikel.

Menarik bukan, jadi sebelum menggunakan cara ini  yang menjadi tantangan kamu adalah bagaimana meningkatkan trafik blog kamu terlebih dahulu.

3.  Menjual Artikel

Dengan menulis artikel yang menarik dan sesuai teknik SEO tentu bisa kamu tawarkan dengan blogger lain yang tidak sempat menulis di blognya.

Karena biasanya banyak juga pemilik blog yang tidak bisa rutin memposting artikel di blognya. Akhirnya mereka membeli artikel agar blognya kelihatan aktif di mesin pencarian.

Dengan menjual artikel, kamu bisa memasang harga berdasarkan jumlah kata setiap artikelnya.

Misalnya, kamu target artikel 500 kata dengan harga Rp. 10.000 atau bisa lebih sesuai dengan jumlah kata yang digunakan.

Anda bisa membayangkan jika artikel yang kamu buat 10 artikel per hari, berarti kamu bisa menghasilkan seratus ribu per hari.

4.  Afiliasi

Cara yang terakhir ini dapat dilakukan dengan cara bekerjasama dengan orang yang punya produk dengan menyediakan link afiliasi.

Dengan menggunakan link afiliasi ini, kamu bisa mengajak pengunjung lainnya untuk membeli produk dari layanan yang kamu ikuti sebelumnya.

Ketika ada mengklik link yang kamu sebarkan melalui blog atau melalui media sosial kamu, kemudian mereka mendaftar dan melakukan transaksi maka kamu akan mendapatkan komisi sesuai ketentuan pada layanan tersebut.

Beberapa bisnis afiliasi yang sering dilakukan blogger yaitu bisnis afiliasi layanan hosting dan produk-produk bisnis digital yang ada di Internet.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang blogger dan bisa menghasilkan uang lewat Internet dengan bekerja di rumah saja. Jika ya, sebaiknya kamu bisa memulai dari sekarang dengan menerapkan apa yang dijelaskan pada artikel ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, khususnya bagi blogger pemula yang tertarik untuk berkecimpung di dunia blog.

Sekian dan terimakasih.

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
bainah
2 years ago

saya pribadi suka nulis, cuman ga pernah menghasilkan apa2 🤣

entahlah, mungkin butuh seo yang kuat biar visitor rame