Home » Aplikasi,Teknologi » Aplikasi Translate Aksara Jawa ke Bahasa Indonesia

Aplikasi Translate Aksara Jawa ke Bahasa Indonesia

Aplikasi translate aksara Jawa memang sering di cari oleh orang yang ingin belajar dan mendalami aksara Jawa. Salah satunya, mungkin Anda yang sedang membaca artikel ini. Untuk itu, berikut kami berikan rekomendasi aplikasi translate Aksara Jawa yang bisa membantu Anda memahaminya.

Dilansir dari Wikipedia, Aksara Jawa adalah salah satu aksara tradisional Indonesia yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa. Selain itu, sering juga digunakan untuk menulis bahasa Sunda, Madura, Sasak, dan Melayu.

Melansir dari voaindonesia.com, Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mengatakan melestarikan aksara Jawa merupakan langkah untuk menjaga keberlangsungan budaya Jawa, sekaligus memperkaya kebudayaan bangsa Indonesia.

Pemanfaatan teknologi digital merupakan salah satu strategi untuk menjaga dan melestarikan aksara Jawa. Untuk itu perlu melakukan digitalisasi agar aksara Jawa bisa dihadirkan ke layar agar generasi milenial dapat mempelajarinya dengan mudah.

Dengan digitalisasi tentu akan mengikis jarak milenial dengan aksara Jawa. Olehnya itu, sekarang ini telah hadir beberapa aplikasi translate Aksara Jawa sebagai wujud nyata untuk pelestarian aksara Jawa.

Aplikasi Translate Aksara Jawa ke Latin

Berikut beberapa aplikasi translate aksara Jawa yang bisa Anda gunakan untuk mempelajari dan mendalami aksara Jawa.

1. Aksara Jawa – Nulis Aksara Jaw

Rekomendasi aplikasi translate aksara Jawa terbaik pertama adalah Aksara Jawa – Nulis Aksara Jaw. Aplikasi ini sudah terunduh lebih dari satu juta melalui PlayStore dan mendapatkan bintang 4 dari review penggunanya.

Aplikasi Aksara Jawa memiliki fitur yang dapat memudahkan pengguna untuk belajar melalui smartphone, beberapa fiturnya antara lain.

  • Konversi tulisan ke aksara Jawa.
  • Mengetik aksara Jawa dengan hasil bacaan.
  • Tulisan aksara Jawa bisa disimpan sebagai gambar.
  • Karakter lengkap mulai dari huruf dasar, huruf murda, berpasangan, huruf Swara, angka Jawa, dan huruf rekan.
  • Tulisan aksara Jawa dapat disalin sebagai teks.

2. Bagaskara – Translate Latin To

Nama aplikasi translate aksara Jawa berikutnya adalah Bagaskara. Bagaskara merupakan aplikasi yang dapat menerjemahkan bahasa latin ke aksara Jawa atau sebaliknya. Aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 100 ribu pengguna melalui PlayStore.

Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini yaitu memungkinkan melakukan translate dengan cara memindai dari kamera handphone. Sehingga, kamu tinggal sorot saja kamera ke tulisan yang ingin kamu translate.

Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak akan memberatkan smartphone kamu. Untuk menjalankannya perlu menggunakan OS Android versi 5.0 ke atas.

3. Translator Jawa

Translator Jawa merupakan aplikasi terjemahan online bahasa Indonesia ke bahasa Jawa dan sebaliknya. Aplikasi ini mendukung beberapa bahasa seperti Basis Ngoko, Bahasa Indonesia, Basis Krama, dan Basis Krama Inggil.

Aplikasi Translator Jawa yang dikembangkan oleh Mongosilakan ini sudah terunduh lebih dari 1 juta pengguna melalui PlayStore.

Selain memiliki fitur terjemahan dari Indonesia ke aksara Jawa atau sebaliknya, juga memiliki fitur cari kata (kamus), serta memiliki tombol untuk menyalin hasil terjemahan.

4. Hana.rip – Teks ke Aksara Jawa

Jika Anda mencari aplikasi translator aksara Jawa yang dapat mengubah teks abjad menjadi teks aksara Jawa, salah satu aplikasi translator aksara Jawa yang menjadi rekomendasi yaitu Hana.rip.

Hana.rip dikembangkan oleh Dansvel dan sudah terunduh lebih dari 50 ribu pengguna dengan rating 4.4 dari review penggunanya.

Aplikasi Hana.rip memiliki fitur yang dapat menampilkan hasil translate saat mengetik, memungkinkan copy dan paste teks, menyimpan hasil dalam bentuk gambar, dan membagikannya ke berbagai platform.

5. Aksårå

Aksårå adalah aplikasi trnasliterasi huruf latin ke aksara bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Tidak hanya aksara aksara Jawa, aplikasi ini juga mendukung beberapa karakter seperti Aksara Bali, Batak Mandaling, Batak Simalungun, Bugis Lontara, Naskah Lontara Makassar, dan lain-lain.

Meskipun aplikasi ini sudah banyak digunakan dengan unduhan mencapai 100 ribu melalui Play Store. Namun, pihak developer aplikasi ini mengakui kalau transliterasi aplikasi ini belum 100% akurat.

6. Nulis Aksara

Aplikasi translate aksara Jawa berikutnya adalah Nulis Aksara. Aplikasi ini dapat mengubah huruf latin menjadi aksara jawa, sunda, bali, dan aksara lampung.

Nulis Aksara sudah memiliki jumlah unduhan 10 ribu lebih melalui Play Store. Beberapa fitur yang hadir pada aplikasi Nulis Aksara antara lain dapat mengatur perataan karakter (aligment), mengatur ukuran karakter, warna latar belakang, atur warna tulisan, menyimpan atau membagikan karakter.

7. Menulis Aksara Jawa

Menulis Aksara Jawa adalah aplikasi translate aksara jawa yang memungkinkan mengubah aksara latin menjadi bahasa jawa atau sebaliknya. Untuk memudahkan, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur copy paste sehingga pengguna dapat dengan mudah menyalin dan memasukkan teks.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Smooth home production ini sudah terunduh lebih dari 5 ribu melalui Play Store. Selain dari fiturnya, aplikasi ini juga memiliki ukuran sangat kecil yaitu hanya 1MB saja. Dengan begitu, menggunakan aplikasi ini tidak akan memberatkan smartphone Anda.

Selain menggunakan aplikasi untuk mentranslate aksara jawa ke aksara latin atau sebaliknya, tentu Anda juga bisa melakukannya secara online melalui website.

Jika kamu belum paham cara translate aksara Jawa menggunakan aplikasi atau melalui website, kamu bisa mengikuti panduan dari situs tedieka.com tentang cara translate aksara Jawa ke bahasa Indonesia.