Home » Internet » Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

Daftar Isi

Apa itu Google Form?

Google form merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahan teknologi raksasa yaitu Google. Perangkat lunak tersebut dihadirkan oleh Google untuk mempermudah administrasi survey yang dapat digunakan secara gratis oleh pengguna.

Selain itu, beberapa layanan terkait yang dapat digunakan secara bersamaan google form yaitu Google Documents, Google Sheets, Google Slides, Google Sites, dan lain-lain.

Platform Google Form hanya tersedia untuk web application yang dapat dikunjungi melalui docs.google/forms. Kehadiran teknologi ini, sangat mempermudah pengguna dari berbagai background pekerjaan, mulai dari guru, dosen, peneliti, pengusaha, personal, dan sebagainya.

Dengan menggunakan google form seorang guru atau dosen, dapat mengevaluasi peserta didiknya dengan memberikan quiz.

Begitu juga dengan peneliti dapat mengumpulkan informasi melalui survey, pengusaha juga dapat mengumpulkan informasi tingkat kepuasan layanan yang diberikan melalui google form, dan seseorang dapat menggunakan google form untuk pendaftaran peserta seminar, dan sebagainya.

Salah satu kemudahan yang dapat dirasakan pengguna dimasa pandemic sekarang, khususnya bagi yang sering mengadakan kegiatan seminar online adalah membuat sertifikat online secara automatis.

Dengan fitur Autocrat yang tersedia, pengguna dapat dengan mudah membuat sertifikat secara automatis dengan mengambil data dari pengisian Google Form.

Baca juga: Cara Cepat Membuat Sertifikat Online Otomatis Dengan Google Form

Sebelum kita membahas bagaimana membuat google form, kita kenali dulu apa saja fitur yang dimiliki google form. Yuk kita simak fitur yang tersedia di google form berikut ini.

Fitur-Fitur Google Form

Layanan google form terus dikembangkan dan mengalami beberapa pembaharuan pada fitur yang dimiliki.

Beberapa fitur yang dimiliki yaitu dapat mengacak pertanyaan, membatasi tanggapan pengguna, URL yang lebih pendek, memiliki tema khusus, memberikan saran jawaban, unggah file, dan beberapa fitur lainnya.

Tahun 2014 tepatnya bulan oktober, Google menambahkan fitur add-on yang memungkinkan pengembang pihak ketiga dapat menambahkan fitur baru ke form survey.

Kemudian pada Juli 2017, Google menambahkan fitur Validasi respons untuk mendeteksi input teks di halaman formulir, sehingga pengguna dapat mengetahui jika salah memasukkan.

Tema khusus yang tersedia pada Google Form terdapat tiga jenis yaitu Personal (Contact Information, Find a Time, RSVP, Party Invite, T-Shirt Sign Up, dan Event Registration), Work (Event Feedback, Order Form, Joob Application, Time Off Request, Work Request, dan Customer Feedback), dan Education (Quiz, Exit Ticket, Assessment, Worksheet, dan Course Evaluation).

Kemudian fitur yang terdapat pada lembar kerja Google Form yaitu menambah pertanyaan (Add question), mengimport pertanyaan (Import questions), menambahkan judul dan deskripsi (Add tittle and description), mengupload gambar (Add image), mengupload video (Add video), dan menambah halaman (Add section).

Selanjutnya untuk kolom pertanyaan memiliki beberapa type inputan seperti Short answer, Paragraph, Multiple choice, Checkboxes, Dropdown, File Upload, Linear scale, Multiple choice grid, Checkbox grid, Date, dan Time.  

Ada juga beberapa fitur dapat mempermudah pengguna dalam mengelola form yang dibuat, seperti fasilitas Undo, menggandakan (Make a copy), menghapus (Move to trash), mendapatkan link yang dapat di bagikan (Get pre-filled link), mencetak (print), Add collaborators, Script editor, dan masih banyak fitur lainnya yang disediakan oleh Google.

Dengan fitur yang ada, menjadikan aplikasi Google Form merupakan pilihan yang tepat dan banyak digunakan untuk membuat form survey dibandingkan aplikasi survey yang lainnya, pengguna sangat dipermudah sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Nah, Anda yang ingin membuat form survey langsung saja akses aplikasi Google Form sekarang.

Persiapan Sebelum Membuat Google Form

Sebelum Anda membuat Google form, pastikan sudah memiliki akun Google yang sudah terdaftar.

Jika Anda belum punya akun Google, langsung kunjungi halaaman pendaftaran Google dan isi first name, last name, username, dan password.

Setelah berhasil membuat akun, baru Anda bisa membuat Google Form dan mengakses layanan lain yang disediakan oleh Google.

Cara Membuat Google Form

Mengkases aplikasi Google Form dapat dibuka melalui Google Drive atau langsung membuka link Google Form.

Untuk membuka Google Form melalui Googl Drive dapat dilakukan dengan membuka aplikasi Google Drive terlebih dahulu, kemudian masuk ke My Drive->Google Forms->Blank form.

Selain Blank form, Anda juga bisa memilih Blank quiz atau memilih template dengan mengklik Form a template.

Berikut langkah-langkah untuk membuat Google Form dari link Google.

  1. Pertama buka link Google Form.
  2. Selanjutnya klik Blank atau pilih Template yang Anda inginkan.
  3. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman kerja Google Form.
  4. Ketikkan judul pada form dengan mengklik Untitled form pada pojok kiri atas.
  5. Tambahkan deskripsi dengan mengklik Form description dibawah judul, ketikkan deskripsi sesuai yang Anda inginkan.
  6. Berikutnya tambahkan Pertanyaan sesuai kebutuhan Anda.
  7. Lakukan Editing pada Goole Form sesuai kebutuhan Anda.

Langkah selanjutnya setelah menuliskan judul dan deskripsi pada form yaitu menambahkan pertanyaan. Namun, sebelumnya Anda bisa menonton video tentang bagaimana membuat Quiz Online Langsung dengan Rekap Nilai.

Cara Menambahkan Pertanyaan di Google Form

Pertanyaan pada google form dapat ditambahkan secara langsung atau menggunakan fasilitas import.

Untuk menambahkan pertanyaan, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik Untitled Question dan ketikkan pertanyaan.
  2. Ubah Type pertanyaan sesuai yang Anda inginkan, dengan mengklik arah panah bawah disamping pertanyaan Anda.
  3. Tambahkan pilihan jawaban jika pertanyaan merupakan pilihan ganda.
  4. Aktifkan fitur Required untuk memastikan kolom pertanyaan tidak boleh dikosongkan.
  5. Untuk menambahkan pertanyaan baru, klik tombol + atau simbol Add question.
  6. Selanjutnya untuk menyalin kolom pertanyaan, Anda bisa klik tombol Duplicate disamping tombol Hapus.
  7. Jika Anda ingin menghapus pertanyaan klik tombol Hapus atau icon tempat sampah dibagian pertanyaan.
  8. Selanjutnya untuk melihat preview klik tombol Preview atau Icon mata di menu bagian kanan atas.

Setiap perubahan yang Anda lakukan pada saat mendesain form, akan tersimpan secara automatis sehingga Anda tidak perlu menyimpannya atau menekan CTRL + S.

Namun, ketika koneksi jaringan Anda bermasalah, Anda harus mengecek ulang dan memastikan perubahan yang Anda lakukan sudah tersimpan.

Baca juga: Cara Membuat Soal dan Kunci Jawaban di Google Form

Selanjutnya kita akan membagikan link form yang sudah dibuat, untuk membagikan link google form ikuti panduan berikut ini.

Cara Membagikan Link Google Form

Link google form yang sudah dibuat, dapat dibagikan melalui email, dikirm ke media sosial, pesan chat, atau menautkannya di situs web Anda.

Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan link google form dan membagikannya.

  1. Pertama klik tombol Send di bagian kanan atas.
  2. Selanjutnya Anda menemukan kotak Send form, metode pengiriman dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu melalui email, copy link, dan embed HTML.
  3. Pada artikel ini, kita pilih send via link dengan mengklik ikon link yang berada ditengah.
  4. Berikutnya checklist Shorten URL untuk memperpendek URL.
  5. Selanjutnya klik tombol Copy dan Paste di aplikasi yang Anda inginkan seperti Whatsapp, Telegram, Facebook, dan aplikasi lainnya.

Cara Melihat Hasil Pengisian Google Form

Setelah membagikan link peserta yang akan mengisi formulir Anda, tentu Anda ingin menampilkan hasilnya dan memeriksa apakah data yang diinput sesuai atau tidak.

Aplikasi google form menyediakan database yang dapat menyimpan data dari pengisian google form yaitu Google Spreadsheet.

Google spreadsheet seperti halnya Microsoft Excel yang biasa kita gunakan. Namun, google spreadsheet adalah produk Google yang bisa Anda akses secara online.

Langkah-langkah untuk membuat dan menghubungkan aplikasi Google Form dan Google Spreadsheet adalah sebagai berikut.

  1. Pada jendela kerja Google Form Anda, klik menu Responses yang berada diatas form Anda.
  2. Selanjutnya klik tombol Create Spreadsheet yang berwarna hijau, dan aktifkan Accepting responses.
  3. Kemudian pilih Create a new spreadsheet dan tuliskan nama file spreadsheet Anda.
  4. Terakhir klik tombol Create, setelah itu Anda akan diarahkan ke jendela kerja Spreadsheet, dan disana Anda akan melihat kolom yang sesuai dengan pertanyaan yang ada di Google Form Anda.

Selain menyajikan data yang tersimpan pada Google Spreadsheet, Google Form juga menyajikan informasi dalam bentuk grafik yang dapat Anda lihat dengan mengklik menu Reponses.

Dengan begitu, Anda bisa melihat hasil analisis data yang di input oleh pengguna. Misalnya Anda membuat kuis dengan menampilkan beberapa pertanyaan, dari jawaban yang diberikan audience, google form dapat menampilkan pilihan jawaban yang paling banyak dipilih dan memperlihatkan persentasenya.

Jika Anda seorang pengusaha atau pebisnis, google form ini dapat membantu Anda menganalisis layanan yang perlu diperbaiki, atau produk yang paling banyak diminati.

Mengapa Menggunakan Google Form?

Diantara beberapa fitur yang sudah diuraikan sebelumnya, beberapa alasan mengapa Google Form menjadi pilihan terbaik untuk membuat form survey antara lain:

  1. Mudah dibuat dan digunakan.
  2. Dapat digunakan secara gratis.
  3. Bisa dibagikan ke berbagai platform.
  4. Memiliki fitur spreadsheet yang dapat menyimpan jawaban.
  5. Memiliki template yang beragam.
  6. Analisis data yang lengkap.

Disamping kelebihan yang dimiliki Google Form, tentu juga memiliki kekurangan jika Anda menggunakan akun secara gratis untuk kasus tertentu.

Beberapa kekurangan aplikasi Google Form antara lain:

  1. Belum tersedia Equation/Simbol Matematik secara langsung.
  2. Tidak ada riwayat pengeditan.
  3. Peserta bisa browsing ketika sedang menjawab pertanyaan.

Terimakasih sudah membaca artikel Cara Membuat Google Form Dengan Mudah, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda.

Selain aplikasi Google Form yang dapat Anda gunakan untuk membuat form survey, tentu ada beberapa alternatif lain seperti JotForm, Zoho Forms, Survey Monkey, Typeform, Cognito Form, FormsApp, Survey Heart, Brew Survey, dan lain-lain.

Referensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Google_Forms

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments