Home » Teknologi » 25+ Web Hosting Indonesia Terbaik dan Termurah

25+ Web Hosting Indonesia Terbaik dan Termurah

Hosting adalah layanan online yang digunakan sebagai tempat penyimpanan file dan data website sehingga dapat dikelola dan diakses banyak orang melalui Internet.

Layanan hosting jika diibaratkan sebuah rumah, dimana seluruh file dan data yang terkait dengan website disimpan dalam satu rumah. Oleh karena itu, Anda menginginkan penyedia terpercaya dan andal seperti Hostinger.

Kemudian orang bisa berkunjung dan mendapatkan informasi dengan mengakses alamat rumah tersebut dalam hal ini yang dimaksud adalah domain website.

Misalnya kita mengakses masagena.id/blog maka file dan data yang tersimpan di web hosting dengan alamat tersebut ditampilkan sesuai request pengguna.

Namun, apakah Anda tahu jika penyedia web hosting itu sangat banyak baik web hosting luar negeri maupun yang ada di Indonesia.

Dengan banyaknya penyedia web hosting, tentu bisa membuat Anda bingung akan memilih layanan hosting yang mana untuk mengonlinekan website.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena di artikel ini saya sudah merangkum beberapa penyedia web hosting yang menurut saya bisa dijadikan tempat untuk menyimpan file-file website Anda.

Tapi sebelum kita membahas daftar penyedia web hosting, saya rasa Anda perlu mengetahui beberapa jenis layanan yang biasanya disediakan oleh penyedia web hosting.

Tujuan kita mengenali jenis layanan dari penyedia web hosting agar supaya kita bisa dapat memilih web hosting yang sesuai dengan kebutuhan website kita.

Jenis Layanan Hosting

Setiap perusahaan web hosting menyediakan layanan yang berbeda-beda, akan tetapi secara umum layanan hosting terdiri dari Share Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, VPS Hosting, dan Dedicated Hosting.

Untuk mengetahui apa saja perbedaan dari jenis layanan hosting tersebut, simak penjelasan berikut ini..

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah nama layanan web hosting yang cocok digunakan untuk pemula, karena layanan tersebut sangat cocok bagi yang belum terlalu paham mengonlinekan websitenya.

Layanan ini sangat cocok bagi yang budgetnya sedikit, karena layanan shared hosting sangat murah di bandingkan layanan hosting lainnya.

Jika kamu punya website yang memiliki traffic masih rendah atau pengunjung belum terlalu banyak, saya sarankan Anda memilih layanan shared hosting.

Jenis website yang biasanya menggunakan layanan shared hosting yaitu blog, portofolio, company profile, dan toko online skala kecil.

Kelebihan menggunakan layanan shared hosting yaitu pengelolaan dan konfigurasi server ditangguna oleh penyedia hosting. Kemudian pengelolaannya juga dapat dilakukan dengan mudah, karena biasanya sudah dilengkapi dengan kontrol panel, seperti cPanel.

Disamping kelebihan yang dimiliki tentu layanan shared hosting memiliki kekurangan, dimana kekurangannya terletak pada sumber daya yang digunakan sangat terbatas.

Satu server shared hosting digunakan oleh beberapa website, sehingga apabila terjadi overload pada salah satu website, maka akan berdampak pada website lainnya.

2. Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan jenis hosting dimana data website kamu disimpan pada beberapa server. Jika salah satu server mengalami gangguan, maka server lainnya digunakan agar website tetap  dapat diakses.

Jenis hosting ini menggunakan konsep komputasi awan dimana mempunyai kecepatan yang baik, dan lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server.

Harga layanan cloud hosting lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting, hal itu dikarenakan tergantung dari sumber daya yang digunakan.

Akan tetapi, layanan ini sangat cocok jika situs website kamu sewaktu-waktu membutuhkan sumber daya yang lebih besar.

Adapun kekurangan layanan cloud hosting disamping biaya yang tergolong mahal. Selain itu, Anda juga tidak diberikan akses untuk melakukan konfigurasi server.

3. Managed WordPress Hosting

Pengguna aplikasi WordPress terus mengalami kenaikan. Hal itu, dikarenakan WordPress dapat digunakan untuk membuat website dengan berbagai keperluan mulai dari blog, company profile, portofolio, news, toko online, dll.

Managed WordPress hadir sebagai layanan web hosting untuk kemudahan pengelolaan website WordPress. Dengan begitu, Anda bisa mengelola website WordPress tanpa perlu pengetahuan teknis tentang hosting.

Kelebihan menggunakan layanan ini yaitu pada sisi server sudah di optimalkan khusus agar website WordPress dapat berjalan dengan baik.

Namun disamping itu, layanan ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding shared hosting. Akan tetapi, jika dibanding fitur khusus yang diberikan saya kira sangat wajar apabila dibandingkan dengan shared hosting.

4. VPS Hosting

Layanan VPS hosting adalah jenis hosting dimana kamu berbagi server dengan pengguna lain. Akan tetapi, pemakaian sumber daya suatu pengguna tidak mempengaruhi yang lain, karena sumber daya yang digunakan bersifat terdedikasi. 

Konsep yang digunakan layanan ini mirip dengan shared hosting. Namun, layanan ini menggunakan teknologi virtual yang memungkinkan setiap akuun diperlakukan sebagai mesin dan sumber daya sendiri yang berdedikasi dengan Operating System (OS).

Keunggulan menggunakan layanan VPS Hosting kamu bebas memilih sistem operasi server, bisa menentukan jenis kontrol panel, dan bebas mengubah pengaturan server hosting.

Kekurangan menggunakan layanan ini diperlukan pengetahuan tentang pengelolaan server. Pasalnya, kamu harus melakukan berbagai pengaturan server. Namun, apabila kamu tidak memiliki cukup pengetahuan tentang pengelolaan server, kamu bisa memilih layanan Cloud Hosting.

5. Dedicated Hosting

Layanan yang satu ini hanya dikhususkan untuk klien tunggal, dimana satu server hanya digunakan oleh satu pengguna.

Pengguna yang cocok untuk jenis layanan ini tentunya yang sudah paham pengelolaan server, serta mampu mengeluarkan biaya yang tinggi.

Namun, kelebihan menggunakan layanan ini sangat cocok jika kamu membutuhkan resource yang besar karena pengunjung website kamu sangat besar.

Sampai disini mungkin Anda sudah paham berbagai jenis layanan hosting, selanjutnya saya mengajak Anda untuk mengenali beberapa penyedia hosting.

Web Hosting Indonesia Terbaik dan Termurah

Setelah mengetahui berbagai jenis layanan web hosting, selanjutnya mari kita kenali penyedia web hosting  terbaik dan termurah di Indonesia.

Berikut daftar penyedia web hosting yang telah dirangkum dan kami sajikan untuk Anda.

1. Niagahoster

Perusahaan penyedia layanan web hosting ini berdiri sejak tahun 2013 yang berpusat di Yogyakarta. Hingga kini, pengguna niagahoster mencapai 500.000 klien yang terdaftar di layanan Niagahoster.

Niagahoster menjamin kualitas uptime server 99.9%, dengan dukungan CS 24 jam, dan memberikan harga yang sangat murah dikelasnya.

Layanan Niagahoster

  • Hosting (Unlimited Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, Managed WordPress, Email Hosting, dan Transfer Hosting)
  • VPS (VPS KVM Indonesia, Cloud VPS Hosting, CyberPanel VPS Hosting, dan VPS cPanel)
  • Domain (cari domain, domain ID, check WHOIS, dan transfer domain)
  • Website (website instant, jasa pembuatan website)
  • Kemitraan (partnership tema, niagapoin, partner, dan program afiliasi)

Harga hosting dari niagahoster mulai dari Rp. 10.000/bulan hingga Rp. 85.000/bulan sesuai dengan pilihan paket yang tersedia.

Selain layanan hosting, niagahoster juga menyediakan media edukasi yang dapat diakses secara gratis seperti artikel blog, ebook, webinar, course, dan forum.

Beberapa fitur yang saya suka di Niagahoster yaitu afiliasi dan point, dengan fitur ini kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan bisa menukar point dengan berbagai produk yang disediakan seperti layanan hosting, domain, merchendis, pulsa, dan berbagai produk menarik lainnya.

2. Hostinger

Hostinger berdiri sejak tahun 2011 dan memiliki misi untuk menyediakan layanan hosting yang mudah digunakan oleh semua orang, mulai dari pemula hingga profesional.

Tidak hanya itu, Hostinger terus berinovasi dan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi untuk mempercepat perkembangan dunia online. Beberapa infrastruktur canggih seperti perlindungan anti-DDoS, LiteSpeed, dan hPanel telah menjadi bagian dari Hostinger.

Layanan Hostinger:

  • Hosting dan VPS (Web Hostinge, Cloud Hostinge, WordPress Hostinge, VPS Hosting, CyberPanel VPS Hostinge, Minecrap Server Hosting)
  • Domain (beli domain, transfer domain)
  • Email & Kolaborasi (Google Workspace, dan Email Hosting)
  • Internet Security (sertifikat SSL)
  • Dan beberapa layanan lainnya.

Pilihan paket layanan tersedia hosting single, hosting premium, dan hosting bisnis. Harga hosting mulai 13.900 per bulan hingga 46.900 per bulan.

3. Qwords

Qwords adalah perusahaan yang bergerak dibidang penyedia web hosting yang didirikan pada tahun 2005 oleh Rendy Maulana, dimana pada saat itu masih duduk dibangku kuliah.

Sejak akhir tahun 2011, Qwords berada di bawah naungan PT. Qwords Company International.

Dilansir dari situs resminya Qwords mengklaim bahwa dia adalah penyedia cloud hosting Indonesia dengan pelayanan terbaik dan termurah.

Layanan Qwords:

  • Cloud Hosting SSD (Value Hybrid Performance, Unlimited Hosting, High Performance Enterprise, High Performance Bisnis, dan WordPress Hosting)
  • Server (cloud VPS KVM SSD, colocation server, leased to owned dedicated server, dedicated server, server sekolah CBT/moodle, dan fleksibel VPS)
  • Domain (daftar domain, domain negotiator/broker, domain backorder, domain privacy protection, domain premium .id, sewa domain,  jual beli dan lelang domain)
  • Email Suite (EC collaboration suite, microsoft 365, google workspace, dan mailtogo)
  • Service (SSL, Web design, manage the box server, digital signature, diego VPN, licenses, offline backup, dan extended support)
  • Reseller (afiliasi, qwords partner, private label cPanel reseller, dan private label domain reseller)

Jika kamu ingin menggunakan layanan yang ada di Qwords, tersedia beberapa paket dimulai dari harga Rp. 14.500/bulan hingga Rp. 75.000/bulan.

Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai fitur lainnya seperti pembayaran, support ticket, knowledge base, FAQ, blog, kontak, dan qwords rewards.

4. Rumahweb

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan penyedia hosting yang satu ini. Rumahweb didirikan pada tahun 2002 di Yogyakarta.

Sampai saat ini, rumahweb menjadi salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia dengan jumlah client mencapai 14.000 domain yang terdaftar di layanan Rumahweb.

Rumahweb terkenal dengan layanan hostingnya yang murah, sehingga banyak orang menggunakannya.

Layanan Rumahweb:

  • Hosting dan VPS (Shared hosting, WordPress hosting, VPS/cloud server, VPS Alibaba cloud, Unlimited hosting, cloud hosting, dan RDS MySQL)
  • Domain (beli domain, transfer domain, reseller domain)
  • Website (website builder, jasa pembuatan website, dan RangkingCoach)
  • Email & Kolaborasi (Google suite, titan, alibaba email, dan directmail)
  • Internet Security (sertifikat SSL dan naga cyber defense)

Untuk mendapatkan domain dilayanan ini tersedia harga mulai dari Rp 12.000/tahun dan harga hosting mulai dari Rp 15.000/bulan.

5. Hostingan

Hostingan merupakan perusahaan milik PT. Hostingan Awan Indonesia yang didirikan pada tahun 2016 dan bergerak dibidang layanan hosting.

Dengan mendaftar sebagai pengguna hostingan, kamu bisa mendaftarkan domain, menggunakan cloud hosting, cloud VM (VPS), dan dedicated server.

Ada dua layanan yang dapat kamu gunakan di hostingan yaitu layanan hosting dan layanan server.

Layanan hosting kamu bisa mimilih paket cloud hosting, power hosting, dan unlimited hosting. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 25.000/bulan sampai Rp. 35.000/bulan.

Selanjutnya, pada layanan server tersedia tiga paket yaitu Cloud VM (VPS), dedicated server, dan collacation server. Adapun harga yang ditawarkan berkisar Rp. 75.000/bulan hingga Rp. 1.200.000/bulan.

Salah satu keunggulan dari layanan hostingan, Anda bisa meminta penawaran sesuai kebutuhan.

6. Ardhosting

Brand image dari PT. Ardh Global Indonesia yaitu Ardhosting yang berdiri sejak tahun 2000 dengan bidang layanan web hosting dan domain.

Perusahaan ini memiliki slogan “Fast & Reliable Webhosting” yang merupakan tekad dalam memberikan layanan web hosting dan domain yang murah, cepat, cepat, dan handal.

Mengapa ardosting sebagai hosting terbaik? Dilansir dari situs resminya yaitu karena memiliki fitur utama seperti layered backup, cloudlinux operating system, web server litespeed, pure SSD storage, performa terbaik server supermicro fast connection speed, dan bandwith unlimited.

Layanan hosting juga sangat bervariasi, hal itu dapat Anda lihat melalui website resminya. Namun, secara umum harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 90.000/bulan hingga Rp. 2.750.000/bulan.

Paket yang ditawarkan dengan harga tersebut diantaranya VPS Beginner, Reseller Hosting Indonesia, Cloud Server Terbaik, dan Dedicated Server Indonesia.

7. Cloudkilat / Kilat Hosting

Cloudkilat adalah layanan web hosting berbasis teknologi komputasi awan dengan jaminan skalabilitas server dan akses yang cepat.

Fitur dan spesifikasi yang dimiliki cloudkilat antara lain failover untuk meminimalisir waktu terjadinya downtime yang tidak di kehendaki.

CloudLinux OS merupakan spesifikasi yang dimiliki sistem cloudkilat yang dilengkapi dengan fitur LVE manager, MySQL Gobernor, CageFS, SecureLinks, dll.

Dari segi keamanan, layanan ini menggunakan dedicated firewall untuk mencegah terjadinya akses illegal. Menurut scholar.co.id Firewall merupakan sistem keamanan dalam jaringan yang di gunakan untuk melindungi dari serangan malware, virus, spam, dan berbagai serangan yang dapat mengganggu keamanan jaringan.

Kemudian, fitur tambahan yang dapat digunakan yaitu immunifyAV dan Bitninja Pro untuk meningkatkan keamanan website yang dimiliki oleh pelanggan.

Dengan fitur tersebut, pelanggan bisa melindungi server hosting dan websitenya dari serangan seperti web attacks, brute force, DoS, malware, backdoors, dan sebagainya.

Sedangkan harga paket layanan yang tersedia mulai dari Rp. 20.000/bulan sampai Rp. 80.000/bulan dengan pilihan paket S, M, dan L.

Mungkin kamu tidak bingung dengan pilihan paket yang ditawarkan. Karena jika kita melihatnya seperti pilihan ukuran pakaian. Dimana ukuran S paling kecil dan ukuran L merupakan yang besar.

Selain dari beberapa layanan hosting yang telah disebutkan diatas, masih ada layanan web hosting dibawah ini yang bisa Anda gunakan.

  1. Jagoweb
  2. Hostens
  3. Exabytes
  4. Biznetgio
  5. Domainesia
  6. Jagoanhosting
  7. Studiohostingindonesia
  8. Idwebhost
  9. Idcloudhost
  10. Warnahost
  11. Dapur Hosting
  12. Kenceng Solusindo
  13. Dracoola
  14. Indowebsite
  15. Jetorbit
  16. Dewabiz
  17. Kinsta
  18. Dewaweb
  19. Jagoanhosting
  20. Ardetamedia
  21. Nusantarahost
  22. Jogjahost
  23. Domosquare
  24. Lautanhost
  25. Nasihosting
  26. Indowebsite
  27. Hostnasi

Saran yang kami berikan kepada Anda dalam memilih layanan hosting, Anda perlu mempertimbangkan keamanan dan kecepatan dari layanan tersebut.

Selain itu, jika Anda pemula dalam mengelola hosting pilih layanan yang Customer Servicenya fast response dan menyediakan panduan yang lengkap.

Kemudian yang terakhir, Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa fitur ataupun layanan lain yang dimiliki penyedia hosting seperti fitur afiliasi, point, dan fitur menarik lainnya.

Dengan beberapa fitur tersebut, Anda bisa menambah pengasilan dari afiliasi atau menukar point kamu yang terkumpul di akun layanan hosting.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments