Home » Digital Marketing » Media Pemasaran Online, Pengertian, Jenis, Manfaat untuk Bisnis

Media Pemasaran Online, Pengertian, Jenis, Manfaat untuk Bisnis

Daftar Isi

Media pemasaran online tentu tidak terpisahkan dari strategi marketing ketika menjalankan suatu bisnis saat ini.

Adapun fungsinya sebagai sarana komunikasi untuk memperkenalkan dan menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan atau calon pelanggan.

Selain itu, juga berfungsi untuk menjaga konsumen agar tetap melakukan pembelian berkelanjutan, dan membangung citra yang positif terhadap produk atau jasa yang sebelumnya mendapatkan citra negatif.

Disamping itu, penggunaan media promosi memiliki tujuan yaitu: 1) untuk memberikan informasi mengenai produk atau jasa, 2) meningkatkan konversi penjualan, 3) mendapatkan konsumen baru, 4) membangun citra yang positif mengenai produk dan brand, 5) untuk menjaga kestabilan penjualan.

Pertanyannya, Media promosi ada berapa?  Apa saja bentuk dan media dalam promosi? Apa saja media promosi yang sering di gunakan?

Secara umum media promosi di bagi menjadi dua yaitu media promosi offline dan media promosi online. Ada berbagai macam media promosi untuk meningkatkan penjualan seperti: internet, televisi, brosur, banner, poster, merchandise, radio, koran atau majalah.

Adapun media promosi yang sering di gunakan saat ini adalah media promosi digital melalui internet.

Sebab, melakukan promosi menggunakan teknologi digital dianggap paling efektif saat ini, karena dapat menjangkau pelanggan secara luas, mudah, dan tertarget.

Apa itu Media Pemasaran?

Media pemasaran adalah sarana yang di gunakan dalam memasarkan suatu produk atau jasa untuk memperkenalkan, menawarkan, menjaga konsumen, dan membangun citra positif kepada pelanggan atau calon pelanggan agar dapat meningkatkan penjualan.

Saat ini media promosi dapat di bagi menjadi dua bagian yaitu media online dan offline. Contoh media promosi online yaitu marketplace, media sosial, dan saluran lainnya. Sedangkan bentuk media promosi offline yaitu menggunakan spanduk, brosur, famplet, radio, telivisi, dll.

Baca juga: Digital Marketing, Pengertian, Strategi, dan Manfaat untuk Bisnis

Jenis-Jenis Media Pemasaran

Seperti yang di jelaskan sebelumnya bahwa media promosi di kelompokkan menjadi dua jenis yaitu media online dan offline.

1. Media Promosi Online

Media promosi online merupakan sarana pemasaran melalui internet dengan memanfaatkan berbagai teknologi digital seperti website, media sosial, perangkat seluler, mesin pencari, dan saluran lainnya.

Contoh media promosi online yaitu media sosial, search engine, email marketing, dan saluran lainnya.

2. Media Promosi Offline

Media promosi offline adalah sarana pemasaran yang di lakukan secara offline dengan tidak menggunakan internet. Bentuk promosi ini di kenal dengan pemasaran tradisional atau konvensional.

Contoh media promosi offline yaitu televisi, banner, spanduk, brosur, leaflet, flyer, papan reklame, dan merchandise.

Manfaat Media Pemasaran Online

Media pemasaran online di era serba digital saat ini menjadi media yang paling efektif dalam mempromosikan suatu produk, salah satu media yang aktif di gunakan adalah media sosial.

Media sosial menjadi pilar utama dalam menyampaikan informasi, memperkenalkan produk, memulihkan dan meningkatkan citra perusahaan, serta dapat di gunakan sebagai sarana edukasi kepada masyarakat.

Merujuk pada data statista, bahwa jejaring sosial yang populer pada tahun 2022 masih di menangkan oleh facebook dan youtube. Hal itu mempertegas bahwa media sosial menjadi media promosi paling efektif.

Sebuah penelitian tentang pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk mengungkapkan bahwa media sosial tidak hanya di gunakan sebagai media pemasaran oleh perusahaan.

Tetapi, sudah di gunakan sebagai pendukung aktivitas bisnis, hal itu di lakukan untuk mempermudah dan memperkuat fungsi komunikasi kepada publik. Adapun media sosial yang di gunakan dalam penelitian itu yaitu Facebook dan Twitter.

Jadi, seorang pelaku bisnis untuk mendapatkan pelanggan dan keuntungan yang maksimal harus memanfaatkan media promosi online dalam aktivitas bisnisnya.

Beberapa manfaat media promosi online untuk perkembangan bisnis, yaitu:

  1. Memberikan informasi yang di butuhkan pelanggan
  2. Mendapatkan banyak calon pelanggan
  3. Meningkatkan value produk
  4. Mengingatkan pelanggan akan produk Anda
  5. Membujuk pelanggan untuk melakukan proses transaksi
  6. Adanya efisiensi biaya promosi
  7. Memberikan kemudahan komunikasi antara perusahaan dan pelanggan

Jenis Media Pemasaran Online yang Efektif

Untuk melakukan pemasaran melalui internet menggunakan media online, tentu dapat menggunakan beberapa media promosi sesuai dengan target pelanggan.

Daftar jenis media promosi online yang dapat di gunakan untuk meningkatkan penjualan, antara lain:

1. Google Ads

Google Ads merupakan teknologi periklanan yang di kembangkan oleh Google untuk media promosi online. Layanan Google Ads memanfaatkan pencarian keyword di mesin pencarian untuk menampilkan iklan.

2. Facebook Ads

Sebagai media sosial paling populer di dunia, Facebook tidak hanya sebagai tempat berkumpul orang-orang untuk berkomunikasi. Akan tetapi, ia juga mengembangkan layanan untuk pemasaran yaitu Facebook Ads.

Facebook merupakan media sosial paling banyak di akses di Indonesia bahkan dunia. Hal itu, menjadikan ia sebagai salah satu media promosi online paling efektif.

3. Instagram Ads

Instagram merupakan media sosial di bawah naungan Meta Platform Inc sama seperti Facebook. Platform ini juga memiliki layanan periklanan yang dapat digunakan untuk media promosi online.

4. Twitter Ads

Media sosial berikutnya yang efektif untuk melakukan promosi online yaitu Twitter. Sebab, Twitter menyediakan beberapa fitur periklanan yang dapat memudahkan seperti promoted tweet, promoted accounts, dan promoted trend.

5. Tiktok Ads

Tiktok merupakan media sosial yang paling banyak di gunakan saat ini khususnya bagi orang yang ingin berbagi video singkat. Media sosial Tiktok juga masih tergolong baru jika di bandingkan dengan Facebook dan Instagram.

Akan tetapi, seiring meningkatnya jumlah penggunanya ia juga menyediakan layanan periklanan yang disebut Tiktok Ads.

6. Youtube Ads

Youtube Ads juga merupakan salah satu media promosi online paling efektif saat ini. Metode promosi yang dapat dilakukan yaitu melalui video dengan cara memberikan review terhadap suatu produk, atau melalui acara podcast seperti yang sering dilakukan oleh para selebriti.

7. Marketplace

Marketplace umumnya digunakan sebagai platform jual beli untuk menjual suatu produk. Akan tetapi, saat ini ia juga menyediakan fitur iklan untuk melakukan promosi online agar produk dapat semakin di kenal. Contoh marketplace yaitu Tokopedia, Bukalapak, Shopy, dan lain-lain.

8. Endorsement

Endorsement juga merupakan salah satu media promosi online yang paling efektif. Sebab, metode ini memanfaatkan para influencer yang memiliki jumlah follower yang banyak.

Dengan begitu, seseorang dapat bekerjasama dengan influencer yang memiliki pengikut sesuai dengan target pasar.

9. Blog

Media promosi online berikutnya yang efektif untuk memasarkan suatu produk ataupun jasa yaitu Blog. Media blog juga banyak digunakan perusahaan atau pelaku bisnis untuk mempromosikan produk atau jasanya.

Seperti halnya yang telah dilakukan oleh beberapa brand ternama di Indonesia seperti Asus, Pintu, Sariagri, X-Ten, Stockbit, dan Mosehat.

Brand tersebut pernah bekerjasama dengan blog ini  untuk mempromosikan produknya. Jadi, jika Anda berminat untuk bekerjasama dengan masagena.id langsung saja menghubungi kami.

10. Email Marketing

Meskipun email marketing sudah sejak lama di gunakan sebagai metode pemasaran secara online. Namun, hingga kini masih tetap di gunakan dan masih di anggap memiliki kekuatan yang cukup besar untuk promosi secara online.

Email marketing memiliki keunggulan dalam mengirimkan berita promosi hingga penawaran produk terbaru kepada para pelanggan yang sudah berlangganan.

Kesimpulan

Keberhasilan suatu bisnis untuk mendapatkan pelanggan dan meningkatkan penjualan dapat di pengaruhi dari media promosi yang digunakan. Saat ini, media pemasaran yang di anggap paling efektif adalah media online seperti Google Ads, media sosial, blog, dan saluran lainnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments