Home » Digital Marketing,SEO » Tips Mudah Membuat Konten Layak Peringkat

Tips Mudah Membuat Konten Layak Peringkat

Membuat konten yang berperingkat di SERP terdengar sulit, tetapi sebenarnya tidak terlalu sulit. Terutama jika Anda memiliki beberapa tips yang jelas dan dapat ditindaklanjuti untuk diikuti selama proses pembuatan konten, Anda dapat membuat konten yang layak peringkat tanpa banyak masalah dan kerumitan.

Berikut ini beberapa tips mudah membuat konten layak peringkat yang dapat Anda ikuti saat menulis konten untuk meningkatkan peluangnya mendapatkan peringkat.

1. Buat Konten Bermanfaat

Mesin pencari terutama Google, mencari peringkat konten bermanfaat yang tinggi di SERP sehingga mereka dapat memberikan informasi bermanfaat kepada pengguna. Untuk mendapatkan peringkat yang bagus dari mesin pencari, Anda harus memastikan bahwa konten yang Anda buat diteliti dengan baik, jelas, dan bermanfaat.

apa manfaat konten

Dan bagaimana tepatnya Anda bisa melakukan itu? Berikut adalah beberapa petunjuk untuk memulai.

  • Menjelaskan secara langsung: Dari pengalaman kami sendiri, ini adalah tips terbaik yang dapat kami berikan sehubungan dengan membuat konten yang bermanfaat. Ketika Anda harus menulis sesuatu yang jelas atau deskriptif, buatlah super langsung dan jelas.

Sebagai contoh, Anda dapat melihat penjelasan berikut ini untuk memahaminya dengan lebih baik.

Sering kali, penulis pemula menjelaskan sesuatu lari dari gagasan, mereka berpendapat bahwa semakin canggih dan kompleks konten mereka, semakin mengesankan tampilannya. Dengan pemikiran ini, mereka dapat menulis sesuatu seperti:

“Di era kemajuan teknologi, akronim SEO yang meragukan dan ada di mana-mana tidak lain adalah frasa tiga kata dari optimasi mesin pencari.”

… Dan mereka akan bangga akan hal itu. Tapi ini sebenarnya bukan sesuatu yang dihargai pembaca online, juga bukan sesuatu yang dihargai mesin pencari. Versi sederhana dan langsung dari penjelasan yang disebutkan di atas adalah:

“SEO adalah singkatan dari optimasi mesin pencari.”

 

  • Batasi opini: Meskipun Anda dapat menulis pendapat dan saran, dll., Untuk menjaga percakapan konten, Anda harus membuatnya tetap terbatas. Fokus Anda harus pada memberikan fakta langsung.
  • Klaim berdasarkan data: Cukup mudah untuk mengatakan bahwa “hampir semua populasi dunia memiliki ponsel,” tetapi tidak meyakinkan seperti “menurut data yang disediakan oleh Bank My Cell ini, sekitar 91% dari seluruh populasi dunia memiliki ponsel.”
  • Mencontohkan konsep: Saat menjelaskan suatu konsep, jelaskan dengan bantuan contoh.

2. Buatlah Struktur Konten Dengan Baik

Struktur konten juga merupakan sesuatu yang dapat berperan dalam membuat peringkat konten Anda layak mendapatkan peringkat. Dan dalam konteks ini, “struktur” pada dasarnya adalah pengaturan berbagai judul dan sub-judul menggunakan tag tajuk HTML.

struktur konten

Untuk memasukkannya ke dalam bentuk tips, berikut adalah bagaimana kami dapat menjelaskan hal ini:

  1. Judul konten harus ditempatkan di tag H1.
  2. Setelah itu, judul di dalam konten harus ditambahkan menggunakan tag H2.
  3. Kemudian, sub-judul menggunakan H3 dan hierarki berlanjut sampai H6.

Ada dua cara di mana struktur ini dapat membuat konten Anda lebih mungkin untuk mendapatkan peringkat.

Pertama-tama, susunan garis besar konten dalam tag heading memudahkan mesin pencari untuk dengan mudah merayapinya. Mesin pencari dapat melalui berbagai judul dalam urutan masing-masing. Ini dapat membantu mereka dengan mudah mengetahui tentang apa konten itu dan apa yang dicakupnya. Dengan begitu, jika kontennya relevan dan topiknya dibahas dengan benar, peringkatnya lebih tinggi di SERP.

Kedua, pengaturan konten dalam judul dan sub-judul memudahkan pembaca untuk membacanya. Ketika pembaca dapat membaca konten dengan mudah dan mereka dapat melompat ke bagian yang ingin mereka teliti, mereka akan lebih cenderung mengunjungi situs Anda sering dan tetap mengaksesnya untuk jangka waktu yang lama.

Ini akan secara otomatis diterjemahkan ke peningkatan rasio klik dan waktu tinggal. Dan itu akan, pada gilirannya, membuat situs lebih menguntungkan bagi mesin pencari.

3. Gunakan Kata Kunci Dengan Benar

Tentu saja, penyesuaian kata kunci yang tepat bukanlah sesuatu yang dapat Anda lewati jika Anda ingin menulis konten yang layak peringkat. Kata kunci adalah sumber kehidupan SEO. Mereka adalah hal utama yang menentukan relevansi konten Anda dengan mesin pencari.

keyword atau kata kunci

Menggunakan kata kunci harus dilakukan secara seimbang. Jika Anda menggunakannya terlalu banyak, Anda bisa berakhir melakukan isian kata kunci dan ini bisa memberi Anda penalti dari mesin pencari. Di sisi lain, jika Anda menggunakannya terlalu jarang, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan manfaat sebenarnya dari menggunakannya.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat tentang menggunakan kata kunci dalam konten Anda:

  1. Pilih kata kunci fokus bersama dengan 5 hingga 10 kata kunci LSI
  2. Sesuaikan kata kunci fokus dengan kepadatan 1% hingga 2%. Itu muncul dengan menggunakan kata kunci sekali atau dua kali dalam setiap seratus kata.
  3. Ketika Anda harus membahas topik atau materi pelajaran yaitu, kata kunci, berulang kali, Anda dapat menggunakan kata kunci LSI sebagai gantinya. Jika Anda tidak tahu cara menemukan kata kunci LSI, cara mudah adalah dengan hanya mencari KW utama di Google dan kemudian gulir ke bawah ke kanan ke bagian paling bawah.

Inilah tampilannya:

kata kunci LSI

4. Menambahkan dan Mengoptimalkan Visual

Langkah lain yang harus Anda ambil untuk membuat peringkat konten Anda layak peringkat adalah menambahkan dan mengoptimalkan gambar. Anda dapat menambahkan berbagai visual seperti gambar, bagan, grafik, dll., Yang dapat mendukung poin / argumen dalam konten Anda.

pengoptimalan gambar

Namun, selain menambahkan visual itu sendiri, Anda juga harus mengoptimalkannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat tentang menambahkan dan mengoptimalkan visual:

  1. Pastikan gambar yang Anda tambahkan relevan dengan konten yang Anda tulis. Menambahkan gambar itu baik, tetapi relevansi adalah kuncinya.
  2. Pastikan semua gambar yang Anda tambahkan dikompresi dan berada dalam format gambar yang benar. File PNG sebagian besar digunakan untuk konten blog. Mengompresi gambar penting karena ini memungkinkan ukuran file diperkecil. Waktu pemuatan tidak banyak terpengaruh karena ini.
  3. Pastikan Anda menambahkan teks alt untuk semua gambar yang Anda gunakan. Teks alt adalah apa yang menggambarkan isi gambar ke mesin pencari. Mesin pencari tidak benar-benar melihat gambar. Sebaliknya, mereka menggunakan teks alt untuk menentukan tentang apa dan apa yang ditampilkannya.

Dengan mengingat petunjuk ini, Anda akan dapat membuat konten Anda lebih mungkin mendapat peringkat lebih tinggi di SERP.

5. Buat Konten Unik dan Asli

Keunikan adalah aspek kunci yang perlu diingat jika ingin konten Anda mendapat peringkat tinggi pada peringkat pencarian. Mesin pencari seperti Google tidak menyukai konten yang dijiplak, dan situs mana pun yang tertangkap melakukannya terkena penalti.

Anda perlu memastikan situs Anda tidak menghadapi nasib yang sama.

membuat konten unik dan asli

Sebelum mempublikasikan konten Anda, Anda harus memeriksanya menggunakan alat cek plagiarisme. Jika ada plagiarisme di sana, Anda akan dapat mengetahuinya. Anda kemudian dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghilangkan plagiarisme sebelum masuk ke bagian penerbitan.

Kesimpulan

Membuat konten yang layak peringkat sangat mudah dan sederhana jika Anda mengikuti tips yang disebutkan di atas.

Saat ini, dengan semua pembaruan terkini dan perubahan dalam algoritma peringkat, hal utama yang harus Anda fokuskan adalah membuat konten Anda berharga dan bermanfaat. Ini harus menjadi titik fokus di mana Anda dapat menyesuaikan strategi penulisan SEO lainnya.