Home » Website » 28 Teknologi Paling Populer di Indonesia Digunakan Untuk Membuat Website

28 Teknologi Paling Populer di Indonesia Digunakan Untuk Membuat Website

Daftar Isi

Perkembangan Teknologi Website

Keberadaan Internet merupakan cikal bakal lahirnya sebuah website, dimana website awalnya dibuat dan digunakan untuk keperluan berbagi informasi melalui Internet. Teknologi web ditemukan oleh Tim Berners-Lee seorang ilmuwan Inggris pada tahun 1989 ketika ia bekerja di CERN (Conseil Europeen pour la Recherce Nucleaire). Website yang didedikasikan sebagai web pertama didunia dapat di kunjungi melalui laman http://info.cern.ch.

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan akan teknologi semakin meningkat untuk membantu pekerjaan seseorang dan masyarakat pada umumnya. Seperti halnya untuk transaksi online, eCommerce, marketing, communication, dan lain-lain.

Dengan kebutuhan masyarakat yang meningkat, maka teknologi juga berkembang dan bermunculan teknologi baru yang dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada. Begitu juga dengan teknologi web, sekarang ini banyak kita jumpai dan kita gunakan untuk berbagai keperluan. Seperti halnya media sosial, eCommerce, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Platform Terbaik Sering Digunakan Untuk Membuat Website

Trend Teknologi Web di Indonesia

Taukah Anda teknologi web apa yang paling banyak di gunakan di Indonesia? Nah, tepat sekali Anda membaca artikel ini. Karena di artikel ini akan dibahas teknologi web yang trend digunakan di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa memilih salah satunya jika ingin membuat website sendiri nantinya.

Berikut beberapa teknologi web yang trend digunakan di Indonesia, menurut versi BuiltWith berdasarkan kategori atau peruntukan dari teknologi tersebut.

1. Kategori Analytics and Tracking

Marketing Automation, teknologi yang paling banyak digunakan situs web di Indonesia untuk automatisasi pemasaran di posisi pertama yaitu Hubspot dengan jumlah live sebanyak 614 website. Kemudian disusul SosiaGo, Rapleaf, LiveRamp, dan SiteWit.

Conversion Optimization, teknologi yang paling popular di kategori ini yaitu Google Conversion Tracking dengan jumlah 4,031 website yang live. Kemudian disusul oleh TikTok Conversion Tracking Pixel, Hitjar, comScore, dan Facebook Conversion Tracking.

A/B Testing (Analytics and Tracking), teknologi yang paling banyak digunakan adalah Mixpanel dengan total website 3,259 yang live, posisi kedua Google Optimize 360, dan selanjutnya ada Visual Website Optimizer, Optimizely, dan userTrack.

Audience Measurement, pada kategori ini teknologi paling populer adalah Mixpanel dengan jumlah 3,259 website yang live. Selanjutnya ada Google Analytics, Cloudflare Web Analytics, Hotjar, dan Cloudflare Insights.

Personalization, Google Optimize 360 merupakan teknologi paling populer khusus di kategori ini dengan jumlah 750 website yang live. Selanjutnya ada Shareaholic, Optimizely, NeoWize, dan Omniture Adobe Test and Target.

Site Optimization, Mixpanel masih menjadi yang paling populer untuk Analytics dan Tracking dengan jumlah pengguna 3,259 website yang live, dan disusul comScore, CrasyEgg, Optimizely, dan SessionCam.

Product Recommendations, Trustpilot merupakan teknologi paling populer dengan total pengguna 648 website, selanjutnya ada Omniture Adobe Test and Target, ScarabResearch, Nosto, dan ForeSee Results.

CRM, Perfex merupakan teknologi paling banyak digunakan untuk kategori ini yaitu sebanyak 151 website live, kemudian Salesforce, GetGist, EspoCRM, Meiqia, dan Agile CRM.

Application Performance, teknologi yang paling populer digunakan website di Indonesia yaitu Cloudflare Rocket Loader dengan total 2,891 website yang live, kemudian disusul Google Analytics, New Relic, Fastly, Cloudflare Insights, dan UptimeRobot.

2. Kategori eCommerce

eCommerce Hosted Solution, di kategori ini paling banyak digunakan adalah Shopify dengan jumlah live 772 website. Disusul oleh Wix Stores, OrderOnline, Sirclo, dan Weebly eCommerce.

eCommerce Enterprise, Magento Enterprise merupakan teknologi yang paling banyak digunakan pada kategori eCommerce Enterprise dengan jumlah live 2 website, kedua Amadeus e-Retail, dan disusul SAP Commerce Cloud, Martjack, dan Salesforce Commerce Cloud.

eCommerce Open Source, paling banyak digunakan untuk jenis ini adalah WooCommerce Checkout dengan jumlah 16,280 website yang live. Dibawahnya disusul dengan OpenCart, PrestaShop, Magento, dan VirtueMart.

eCommerce Multi-Channel, teknologi populer yaitu OpenCart dengan total 931 website yang live, selanjutnya ada BigCommerce, SAP Commerce Cloud, Martjack, Salesforce Commerce Cloud, dan Intershop.

eCommerce Non Platform, teknologi paling teratas adalah 10 WooCommerce Products dengan 1,806 website live. Selanjutnya ada Cart Functionality, Shopify Conversions, Product Filters for WooCommerce, dan WooCommerce.

eCommerce SMB Solution, diantara kategori yang lainnya, kategori ini yang paling sedikit teknologi yang digunakan yaitu hanya empat, dimana urutan pertama CS Cart dengan pengguna 17 website live, kedua X-Cart dengan total 14 website, ketiga Sellacious 2 website, dan terakhir Seliton hanya satu website yang live.

3. Kategori Content Management System

Enterprise CMS, Progress Sitefinity adalah teknologi yang banyak digunakan di Indonesia dengan jumlah website live sebanyak 1,413 web. Selanjutnya ada Google Search Appliance, Adobe Experience Manager, Sitecore CMS, dan ExpressionEngine.

Open Source CMS,  teknologi yang paling populer untuk pembuatan website dengan berbagai keperluan ternyata yang pertama adalah Joomla! dengan total 4,124 website yang live. Berikutnya disusul oleh WordPress dengan jumlah 2,105 website yang live, dan selanjutnya ada Drupal, K2, Hugo, dan Odoo.

Hosted Solution CMS, kategori Content Management System yang menggunakan Hosted Solution ditempati urutan pertama yaitu Squarespace denga total 1,167 website live, kemudian ada Weebly di urutan kedua, ketiga Contentful, selanjutnya ada Medium, Duda, dan Tilda.

Simple Website Builder CMS, untuk membuat website dengan mudah, teknologi paling populer di Indonesia yaitu Artisteer dengan total 1,920 website yang live, dan disusul Squarespace, Weebly, Google My Business, Nicepage, dan GoDaddy Website Builder.

4. Kategori Widgets

Live Chat, widgets yang paling populer di Indonesia adalah tawk.to dengan jumlah pengguna 7,538 website yang live. Kemudian dibawahnya ada LiveChat, WhatsHelp, GetButton.io dan Rocket Chat.

Feedback Forms and Surveys, WPForms adalah teknologi yang banyak digunakan untuk jenis widgets dengan jumlah pengguna 6,918 website yang live. Berikutnya ada MailChimp, OptinMonster, Contact Form 7, Google Forms, dan CodeMirror.

Bookings, kategori widgets bookings paling populer di Indonesia yaitu The Events Calendar dengan pengguna 1,885 website, berikutnya ada FullCalendar, Wix Bookings, EventOn dan Simple Calendar.

5. Kategori Payment

Payments Processor, teknologi kategori payment di urutan pertama ditempati Stripe dengan jumlah 704 website, kedua Paypal Form, Amazon Payments, Braintree, dan Google Pay.

Payment Acceptance, MasterCard menempati posisi pertama untuk pengguna Payment Acceptance dengan total 2,848 website live. Selanjutnya disusul dengan American Express, Maestro, Visa, dan PayPal.

Checkout Buttons, masih di kategori Payment untuk Checkout Buttons urutan pertama ada Stripe dengan total 704 website live, kedua PayPal Button, dan berikutnya ada Stripe Checkout, Amazon Payments, dan PayPal Donate Button.

6. Kategori Email Hosting Providers

Marketing Platform, teknologi providers email hosting paling populer di Indonesia yaitu SendinBlue dengan total 383 website, kemudian dibawahnya ada Sendy, Sender, Oracle CX, dan Moosend.

7. Kategori Web Hosting Providers

Cloud Hosting, Web Hosting Providers yang kebanyakan digunakan di Indonesia yaitu LeaseWeb dengan total 5,300 website live, selanjutnya Vultr, Exa Bytes Network, UpCloud, AWS Global Accelerator, dan Cloudflare Hosting.

8. Kategori Advertising

Retargeting/Remarketing, teknologi yang digunakan di kategori ini paling populer yaitu Google Remarketing dengan total 3,892 website, kedua Facebook Custom Audiences, ketiga Criteo, dan berikutnya ada Twitter Ads, AdRoll, dan Appier.

Jadi itulah beberapa teknologi website yang populer di Indonesia berdasarkan jumlah penggunanya yang diambil dari sumber trends.buildwith.com berdasarkan kategori masing-masing. Semoga artikel bermanfaat dan bisa dijadikan referensi dalam memilih teknologi web yang akan digunakan untuk membuat website.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments