Home » Gadget,Teknologi » 10 Peralatan Gaming yang Wajib Dimiliki Gamers

10 Peralatan Gaming yang Wajib Dimiliki Gamers

Saat ini gamers semakin meningkat berkat adanya dukungan dari pemerintah dengan memasukkan e-sport sebagai salah satu cabang olahraga KONI. Bagi Anda yang ingin memulai terjun ke dunia gaming tentu harus mempersiapkan peralatan gaming pemula sesuai kebutuhan.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini gaming tidak hanya menjadi sekadar hobi semata, tetapi ia bisa jadi salah satu pekerjaan yang dapat menghasilkan dengan menjadi Youtuber Gaming. Selain itu, Anda juga bisa ikut berkompetisi e-sport dalam skala nasional maupun internasional.

Jika Anda seorang pemula yang ingin menjadi seorang gamers berpenghasilan atau hanya sekadar hobi, tentu harus memulainya dengan menyiapkan berbagai peralatan gaming yang akan mendukung aktivitas gaming kamu nantinya.

Peralatan Gaming Yang Wajib Dimiliki Gamers

Apa saja yang dibutuhkan untuk gaming? Untuk itu, pada artikel ini kami akan memberitahu tentang daftar peralatan gaming yang perlu Anda disiapkan. Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. PC atau Laptop Gaming

Peralatan gaming pertama yang wajib kamu siapkan yaitu PC atau laptop gaming dengan spesifikasi yang mendukung. PC atau laptop yang kamu gunakan harus memiliki spesifikasi memadai untuk menjalankan berbagai aplikasi game ringan hingga game berat.

Olehnya itu, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal tentang spesifikasinya seperti prosessor, kartu grafis, memori, media penyimpanan, daya tahan baterai, ukuran dan kualitas layar, port I/O, dan kualitas suara.

Untuk itu, kamu bisa mencari referensi terlebih dahulu tentang PC atau laptop gaming terbaik dari orang yang paham tentang gaming. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan harga yang di tawarkan.

2. Meja Gaming

Selain untuk meletakkan PC atau laptop, tentu ada berbagai aksesoris yang akan Anda gunakan untuk bermain game lebih seruh dan mengasikkan. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan meja gaming agar lebih leluasa meletakkan berbagai aksesoris gaming.

Olehnya itu, pastikan memilih meja gaming yang memiliki space untuk meletakkan peralatan tambahan seperti keyboard, mouse, monitor, CPU, serta berbagai aksesoris lainnya.  

3. Kursi Gaming

Kursi gaming merupakan peralatan yang paling penting ketika bermain game. Pasalnya, bermain game membutuhkan posisi duduk yang nyaman agar dapat menikmati permainan dengan baik.

Dengan begitu, kamu perlu memilih kursi gaming yang bisa membuat kamu nyaman seperti memiliki bantalan yang empuk, memiliki sandaran lengan dan kepala, dapat mengatur ketinggiannya, serta memiliki roda.

Namun, untuk memiliki kursi gaming tentu harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, karena rata-rata kursi gaming memiliki harga yang mahal. Tetapi, jika Anda tidak ingin menggunakan kursi gaming, kamu bisa menggunakan kursi yang empuk seperti kursi kantor.

4. Keyboard Gaming

Penggunaan keyboard ketika bermain game lebih ekstrim di bandingkan saat mengetik untuk tugas kantor dan sebagainya. Olehnya itu, ketika bermain game perlu menggunakan keyboard yang memiliki daya tahan yang lebih kuat.

Selain ketahanan, keyboard gaming memiliki fitur yang tidak dimiliki keyboard pada umumnya seperti fitur keys anti ghosting dan pencahayaan RGB.

Dalam memilih keyboard gaming, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti desain, daya tahan, durabilitas klik tombol, pencahayaan, fitur anti ghosting keys, dan berbagai fitur lainnya.

5. Mouse Gaming

Selain keyboard, kamu juga perlu menggunakan mouse khusus untuk gaming. Mouse gaming ada dua jenis yaitu ada yang menggunakan kabel dan ada yang tidak menggunakan kabel (wireless).

Jika kamu ingin lebih leluasa bergerak, kamu bisa pilih mouse gaming wireless. Tetapi, jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya yang besar pilihlah mouse gaming yang menggunakan koneksi kabel.

Selain harga, memilih mouse gaming harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti ketahanan, tingkat DPI, jumlah klik, scroll, desain bodi, fitur dan efek tambahan lainnya.

6. Headset Gaming

Headset gaming adalah aksesoris tambahan yang Anda butuhkan untuk merasakan sensasi bermain game yang menyenangkan. Dengan suara yang jernih dan menggelegar tentu akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik.

Fungsi headset gaming tidak hanya untuk mendapatkan suara dari game, tetapi dengan adanya microphone juga akan memudahkan berkomunikasi dengan team saat bermain game.

Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih headset gaming yaitu desain, rentang frekuensi, konektor, dan fitur lainnya.

7. Speaker Khusus Gaming

Selain menggunakan headset, kamu juga bisa menikmati permainan dengan suara yang dihasilkan oleh game menggunakan speaker khusus gaming.

Namun, tentunya speaker yang Anda gunakan hanya disarankan jika berada dalam ruangan tertutup agar tidak mengganggu orang lain yang sedang bekerja atau beraktivitas.

Ada berbagai speaker khusus gaming yang dapat kamu gunakan dari yang murah hingga yang mahal. Silahkan pilih sesuai dengan fiturnya dan budget yang Anda miliki.

8. Joystick Gaming

Apabila aplikasi game yang ingin kamu mainkan hanya tersedia pada perangkat PlayStation, tentu kamu membutuhkan sebuah konsol atau Joystick.

Tipe koneksi Joystick ada yang menggunakan kabel dan ada tanpa kabel (wireless). Jika memilih Joystick wireless, pertimbangkan jangkaun frekuensinya dan beberapa fitur lainnya.

9. Mouse Pad Gaming

Meskipun kelihatannya tidak terlalu penting, tetapi tanpa menggunakan mouse pad yang bagus, bisa jadi permainan game Anda tidak maksimal. Olehnya itu, kamu perlu menggunakan mouse pad khusus gaming.

Untuk memilih mouse pad, pastikan mouse pad yang Anda pilih memiliki ruang gerak yang cukup luas agar dapat lebih leluasa saat menggerakkan mouse.

10. Kacamata Gaming

Kacamata gaming di desain khusus untuk memberikan perlindungan terhadap mata khususnya Anda yang suka bermain game. Sebab, bermain game tentu lebih banyak menghabiskan waktu diruangan yang limit pencahayaan.

Manfaat penggunaan kacamata gaming dapat mengatasi gejala Computer Vision Syndrome seperti mata tegang, perih atau sakit mata, mata memerah, dan menghindari dari radiasi sinar biru.

Olehnya itu, agar mata Anda tetap terjaga pada saat bermain game dalam waktu yang lama, gunakan kacamatan gaming yang memiliki fitur anti radiasi.

Itulah beberapa peralatan gaming yang perlu Anda siapkan bagi Anda yang baru ingin terjun ke dunia game. Selanjutnya, tinggal kamu pilih peralatan yang akan kamu gunakan sesuai dengan kondisi ruangan yang kamu gunakan. Dengan begitu, kamu bisa bermain game dengan seru dan menyenangkan.